Sunday 30 June 2013

Healthy Cooking Demo at Bogor Organic Fair 3


Pada tanggal 23 Juni 2013 kemarin, saya mengisi acara demo masak sehat tanpa MSG. Demo masak sehat bersama Bionic Farm ini dilaksanakan pada acara Bogor Organic Fair 3 yang berlokasi di halaman depan Kampus IPB Baranang Siang Jl Pajajaran, Bogor. Acara BOF 3 kali ini dilaksanakan bersama dengan Festival Herbal Indonesia yang berlangsung pada 22-23 Juni 2013. Adapun tema yang diusung pada BOF 3 ini yaitu "Organic As Indonesia Heritage" yang bertujuan untuk menggaungkan dan mensosialisasikan organik sebagai warisan budaya Indonesia. Sucipto K. Saputra yang adalah ketua pelaksana BOF 3 dan FHI mengungkapkan bahwa "Harapannya masyarakat bisa mengingat kembali bagaimana kekayaan budaya dan kearifan lokal Indonesia dalam teknologi pertanian yang telah dikembangkan nenek moyang kita. Teknologi bertani yang ramah sosial, lingkungan dan ekonomi serta tak lekang oleh waktu."
Seperti yang saya kutip dari Siaran Pers oleh Aliansi Organis Indonesia (AOI) bahwa kegiatan BOF 3 dan FHI ini adalah bagian dari upaya AOI dalam mengkampanyekan pertanian organik dan fair trade di Indonesia. Harapannya kegiatan ini bisa berkelanjutan, mengandeng berbagai pihak dan bisa berkolaborasi dengan perhelatan akbar organik dan fair trade di tingkat dunia seperti BioFach.



Kembali ke acara demo masak sehat tanpa MSG bersama Bionic Farm. Demo masak sehat ini masih mengangkat tema dari kegiatan BOF 3 dengan menggunakan bahan-bahan dan rempah lokal serta organik. Demo masak sehat ini dilakukan bersama dengan peluncuran produk penyedap rasa non MSG dari Bionic Farm yaitu "Umamitake". Umamitake terbuat dari jamur shiitake organik yang memberikan rasa umami pada masakan. Umamitake juga bukan konsentrat ataupun bahan kimia sintetik. Penyedap rasa ini selain terbuat dari jamur shiitake juga menggunakan bumbu dan rempah lokal yang memperkaya citarasa dari penyedap rasa ini. Penyedap rasa ini pun cocok digunakan untuk berbagai jenis masakan. Pada demo kali ini, saya menggunakan Umamitake untuk membuat menu tumisan dan menu berkuah (sup).
Menu kali ini yang saya demokan yaitu sup jamur sederhana, tumis bayam gurih, dan ayam tumis bumbu rempah. Yuk, kita lihat menu pertamanya yaitu sup jamur tiram sederhana.



Sup Jamur Tiram Sederhana

Untuk 1-2 porsi
Bahan:
100 g jamur tiram
100 g tomat
50 g brokoli
3 siung bawang merah (iris tipis)
3 siung bawang putih (rajang halus)
1 batang daun bawang (potong-potong  + 2cm)
½ sdt garam
½ sdt merica
½ sdt gula merah
½ sdt pala bubuk
6 sdt UMAMITAKE
2/3 sdm minyak canola (untuk menumis)
500 ml air

Cara membuat
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak canola sampai harum.
  2. Tambahkan jamur tiram dan tomat. Tumis setengah matang.
  3. Tambahkan garam, merica, gula merah, pala bubuk, dan UMAMITAKE. Aduk rata.
  4. Tambahkan air. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan daun bawang dan brokoli. Masak sebentar.
  6. Angkat dan sajikan.


Nilai gizi per porsi

Energi: 69 kkal

Lemak: 3 g

Karbohidrat: 2,4 g

Serat: 1 g
Protein: 8 g

Untuk 2 resep sehat selanjutnya akan saya bagikan pada artikel selanjutnya.


3 comments:

  1. Halo pak Arief, boleh bertanya sedikit. Di kemasan umamitake tsb, terdapat natural glutamat juga porsi besar sodium (700 mg) sendiri. Apakah ini tdk menimbulkan efek kesehatan seperti monosodium glutamat(MSG) meskipun berasal dr bahan alami?
    Kemudian di ingredient jg ad "seasoning" apa kira2 isinya ya?

    Terimakasih sebelumnya.

    Salam,
    Ferdi

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Glutamat alami berbeda dengan MSG. Glutamat alami tidak memberikan efek seperti MSG. Untuk masalah sodium tidak terlalu berpengaruh secara signifikan karena penggunaanya dicampurkan ke dalam bahan makanan sehingga jika ditotal maka asupan sodium akan lebih sedikit. Jika Pak Ferdy agak khawatir bapak nanti bisa mencoba produk saya yang baru. Sekarang saya sudah buka usaha sendiri. salah satunya kita membuat seasoning yang low sodium dan bebas MSG. jika tertarik bisa kontak saya di pin BB saya 2bd0ff69

      Delete