Sunday 9 June 2013

Nasi Coklat Nenas




Bosan dengan menu nasi yang biasa-biasa saja? Mungkin bisa mencoba resep berikut ini. Selain healthy juga tasty. Kali ini saya akan membagikan resep membuat nasi coklat buah nenas. Beberapa pembaca yang membaca judulnya mungkin menebak kalau saya akan menggunakan coklat. Hehehe. Sebenarnya istilah coklat yang saya gunakan berasal dari terjemahan brown rice yang mana saya menggunakan brown rice (beras coklat) sebagai bahan utamanya . Beras coklat sebenarnya di Indonesia lebih dikenal sebagai beras pecah kulit. Sama dengan beras merah, akan tetapi beras merah berasal dari jenis padi berbeda. Beras coklat masih mengandung rice bran (kulit ari beras) yang memiliki manfaat kesehatan selain sebagai sumber serat pangan.
Sebagai bahan pendampingnya saya tambahkan juga potongan buah nenas. Sedikit pengetahuan tentang buah ini. Nenas memiliki nama latin Ananas comosus. Ananas berasal dari bahasa Tupi (Brazil) yaitu nanas yang artinya buah sempurna. Nenas (pineapple) berasal dari Amerika Selatan yang tepatnya dipercaya dari sungai Paraguay. Penduduk asli selatan Brazil dan Paraguay menyebarkan nenas ke seluruh Amerika Selatan sampai Karibia. Yang kemudian ditemukan oleh Columbus dan dibawa ke Eropa, dan menyebar ke Philipina oleh Spanyol.  Sehingga sampai sekarang nenas dengan mudah tumbuh di daerah-daerah tropis.
Nenas memiliki banyak manfaat kesehatan. Nenas merupakan sumber vitamin C dan mineral mangan yang baik. Selain itu nenas juga sumber vitamin B1, B6, mineral tembaga dan magnesium serta serat pangan. Keunggulan nenas yang tidak dimiliki bahan makanan yang lain yaitu kandungan bromelainnya. Enzim ini tergolong enzim proteolitik yaitu enzim pemecah protein sehingga memudahkan protein diserap tubuh. Bromelain dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
Manfaat lain dari buah nenas selain berfungsi sebagai antioksidan yaitu 1) mengatur kerja kelenjar dan membantu pada kasus gondok; 2) membantu jika terjadi dyspepsia (gangguan pencernaan kronik), bronchitis (peradangan cabang tenggorokan), catarrh (radang selaput lendir di hidung dan tenggorokan), dan arthritis (penyakit persendian); 3) mencegah tekanan darah tinggi; 4) Jus buah nenas segar membantu mengusir cacing pada pencernaan; 5) jus buah nenas segar telah digunakan untuk melawan diphtheria dan infeksi pada tenggorokan atau bagian tubuh lainnya; 6) mencegah rasa mual (termasuk morning sickness – seperti mual karena halim, dan motion sickness – mual akibat perjalanan); dan 7) mencegah konstipasi.

Untuk 2 porsi
Bahan
100 g beras coklat
100 g buah nenas (potong kotak-kotak)
200 ml air
1 sdt bumbu nasi goreng siap pakai

Cara membuat

  1. Cuci beras coklat. Cukup 3 kali pencucian. Tiriskan
  2. Siapkan rice cooker.
  3. Masukkan beras coklat yang sudah dicuci tadi ke dalam panci rice cooker.
  4. Masukkan air, nenas, dan bumbu siap pakai. Aduk rata.
  5. Masak dengan rice cooker sampai matang.
  6. Angkat. Sajikan. Taburkan bawang goreng sebagai pelengkap.

Nilai gizi per porsi
Energi: 77.5 kkal
Lemak: 0.5 g
Karbohidrat: 16.3 g
Serat: 1.7 g
Protein: 1.7 g

Tips dan saran

  1. Sajikan bersama ayam, ikan, atau daging sapi panggang, untuk melengkapi protein dan energinya.
  2. Tambahkan steamed frozen vegetable atau sayuran tumisan lain untuk melengkapinya.

No comments:

Post a Comment