Sunday 24 May 2020

Mengontrol Berat Anda Adalah Kunci Untuk Menurunkan Resiko Stroke



Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan peluang terkena stroke. Bahkan jika Anda sudah mengalami stroke atau TIA ("mini-stroke"), Anda dapat mengambil langkah untuk mencegah yang lain. TIA adalah Transient Ischemic Attack disebut juga dengan mini-stroke.
Mengontrol berat badan Anda adalah cara penting untuk menurunkan risiko terjadinya stroke. Kelebihan berat mempengaruhi seluruh sistem peredaran darah dan dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan apnea tidur obstruktif. Tetapi dengan turunnya berat sedikitnya 5% hingga 10% dari berat awal Anda dapat menurunkan tekanan darah Anda dan faktor risiko stroke lainnya.

Tentu saja, Anda harus menjaga berat badan untuk selamanya, tidak hanya pada saat Anda sedang diet. Kiat di bawah ini dapat membantu Anda mengurangi berat badan dan mencegahnya naik:

Bergerak lebih banyak. Olahraga adalah salah satu cara yang sudah jelas membakar kalori. Tetapi pendekatan lain adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari Anda di mana pun Anda bisa seperti - berjalan, menggerak-gerakan anggota tubuh, mondar-mandir di telepon, naik tangga bukannya lift.

Hindari kalori yang diminum. Soda, latte, minuman olahraga, minuman berenergi, dan bahkan jus buah mengandung sejumlah kalori yang berlebihan. Lebih buruk lagi, tubuh Anda tidak menyamakan seperti kalori yang terkandung dalam makanan padat, sehingga Anda dapat terus meminumnya  sebelum mekanisme "kekenyangan" internal Anda memberi tahu Anda untuk berhenti. Sebagai gantinya, cobalah kopi atau teh tanpa pemanis, atau cicipi air soda Anda sendiri dengan irisan lemon atau jeruk nipis, setangkai mint segar, atau beberapa raspberry.

Makan lebih banyak makanan utuh (whole food). Jika Anda makan lebih banyak makanan yang tidak diproses - seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian - Anda akan kenyang dengan makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Selain itu, makanan lengkap penuh dengan vitamin, mineral, dan serat dan cenderung lebih rendah garam - yang lebih baik untuk tekanan darah Anda juga.

Temukan camilan sehat. Waktu camilan adalah kekhawatiran banyak orang - tetapi Anda tidak harus melewatkannya selama Anda mengemil dengan bijak. Cobalah wortel sebagai alternatif yang manis dan renyah sebagai pengganti kerupuk atau keripik kentang, atau popcorn (asalkan Anda tidak menambahkan mentega dan garam, dan Anda dapat membumbuinya dengan bumbu favorit Anda sebagai gantinya). Untuk campuran karbohidrat dan protein yang memuaskan, cobalah tambahkan sedikit mentega biji bunga matahari pada irisan apel.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 06 March 2020. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life





1 comment:


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*com x-)
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup. ;-)

    ReplyDelete