Thursday 14 May 2020

Chocolates Dates Protein Shake



Berolahraga di bulan Puasa? Kenapa tidak? Dengan pengaturan pola makan, dan pemilihan waktu latihan yang tepat, paling tidak kita bisa menjaga massa otot kita agar tidak turun serta menjaga kebugaran tubuh. Resep sehat berikut saya kreasikan untuk menemani saat kita berolahraga. Salah satu bahan yang saya gunakan yaitu buah kurma yang dapat kita jumpai berlimpah di bulan puasa ini. 
Di artikel terdahulu saya pernah membahas tentang nilai gizi dan manfaat kurma buat tubuh. Namun, di artikel ini saya akan berbagi beberapa fun facts mengenai kurma sebagai berikut:
  • Buah kurma digolongkan sebagai salah satu makanan alami terbaik yang pernah ada.
  • Pohon kurma menutupi 3% permukaan bumi dan menjadi simbol negara Arab Saudi dan Israel yang melambangkan vitalitas dan pertumbuhan.
  • Fakta arkeolog membuktikan bahwa pohon kurma telah dibudidayakan sejak 6000 tahun yang lalu. Sebuah biji kurma yang berusia 2000 tahun pernah ditumbuhkan kembali oleh seorang peneliti Israel.
  • Suku-suku Badui di Timur Tengah yang banyak menggunakan kurma dalam makanannya  memiliki tingkat terendah mengidap kanker.
  • Pohon kurma sangat toleran garam dan akan tumbuh dengan baik di tanah alkali (basa) dimana tanaman lain tidak bisa tumbuh. Di perkebunan kurma, terkadang diairi dengan  air laut.
  • Pohon kurma disebut juga sebagai pengumpul sinar matahari terbesar. Pohon kurma membutuhkan 100 hari cerah untuk menghasilkan 100% buah terbaiknya. Selama 7 bulan musim tumbuh , yang meliputi musim panas, pohon kurma menyimpan energi kuat  dari gurun pasir dalam buahnya.
  • 1 tandan buah kurma dapat menghasilkan 500-2000 buah. Ketika buah kurma matang penuh maka akan terjadi dehidrasi dan kulitnya menjadi berkerut dan dilapisi lapisan lilin (waxy film).
  • Pohon kurma termasuk dalam tanaman dioecious yaitu antara jantan dan betina berada di pohon yang berbeda. Dari saat pembuahan, buah kurma memerlukan waktu 200 hari sehingga matang.
  • Pohon kurma yang ditanam dari biji hanya akan menghasilkan 50% pohon betina yang menghasilkan buah.
  • Kurma yang ditanaman untuk komersil menggunakan teknik stek. Teknik ini menghasilkan tanaman betina yang akan menghasilkan buah dan mulai berbuah 2-3 tahun lebih cepat dibandingkan dengan kurma yang ditanam dari biji.
  • Proses penyerbukan kurma secara alami dilakukan dengan bantuan angin, tetapi di perkebunan kurma, penyerbukan dilakukan dengan bantuan manusia.
  • Pada kenyataannya pohon kurma membutuhkan waktu 3-6 tahun untuk berbuah dan setelah 7 tahun baru bisa menghasilkan dalam jumlah yang layak.
  • Dalam satu musim, 1 pohon bisa menghasilkan kurma sebanyak 100kg. Medjool adalah varietas kurma paling besar dan dijuluki “King of Dates”.
  • Mesir adalah salah satu penghasil kurma terbesar dengan produksi tahunan sebanyak 1.400.000 ton, kemudian disusul Iran sebanyak 1.000.000 ton, dan Saudi Arabia 980.000 ton. Bangsa Mesir di zaman pra-sejarah menggunakan kurma dalam pembuatan wine.
  • Buah kurma sangat cocok sebagai ransum makanan emergensi karena nilai gizi dan daya simpannya.
Nah, untuk menemani olahraga anda, minuman yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan sebagai sumber protein dan energi ekstra.

Untuk 1 porsi
Bahan
250 ml air matang
2 sdm Prostar 100% Whey Protein
40 g kurma tanpa biji (sekitar 7-8 buah)
2 sdm susu kental manis coklat
10 g oatmeal instant

Cara membuat
  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender atau food processor, kemudian diproses hingga semua bahan tercampur rata. Sebagian air dapat digantikan dengan es batu.
  2. Sajikan atau dapat didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas.

Nilai gizi per porsi
Energi: 315 kkal
Lemak: 4.2 g
Karbohidrat: 42.4 g
Serat: 4.3 g
Protein: 27 g




1 comment:


  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami... (k)
    di ajopk.com ^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete