Sunday 12 January 2014

"Weight Management - Eat Healthy, Live Healthy" in Exclusive Seminar with Pertamina, Petrochina East Java at De Chef Culinary Center


Late post. Pada tanggal 15 Noveber 2013, saya berkesempatan mengisi acara seminar ekslusif yang diselenggarakan oleh Join Operation Body Pertamina-Petrochina East Java Ladies Program di De Chef Culinary Center. Acara ini diselenggarakan di SKI Restaurant Lt 3. Ruang Siliwangi, Kompleks Wisata Tas Tajur Katulampa, Jl. Raya Katulampa No.6 Bogor. 
Tema seminar ekslusif pada kali ini yaitu mengenai "Weight Management - Eat Healthy, Live Healthy". Tema ini memang cukup pas dengan kondisi sekarang dimana healthy life style sudah mulai mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat. Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat umumnya yaitu tidak mendapatkan informasi yang benar dan seringkali menjadi paranoid akibat membaca hal-hal terkait dari sumber-sumber yang tidak jelas. 
Pengaturan berat badan atau weight management memang sudah seharusnya mendapat perhatian yang lebih untuk mencegah dari penyakit-penyakit nutrisi dan penyakit degeneratif. Diet dan pola makan yang sehat serta berolahraga yang cukup dapat membantu untuk hidup lebih sehat. Dalam melakukan weight management sebenarnya tidak sesulit yang sering kita bayangkan, hanya diperlukan pemahaman yang benar mengenai jenis makanan dan zat gizi yang terkandung didalamnya, serta kondisi dan metabolisme yang terjadi dalam tubuh kita. 
Pemahaman yang kurang dapat menimbulkan berbagai persepsi yang tidak tepat dan mitos-mitos yang tidak benar. Seringkali kita dengan mudah dipengaruhi oleh mitos-mitos yang beredar mengenai diet disebabkan karena kita kurangnya pengetahuan kita mengenai gizi makanan. Selain itu untuk dapat hidup lebih sehat kita harus memiliki komitmen dan menerapkan pola makan yang tepat dan gaya hidup sehat. Karena pada kenyataannya umumnya orang mulai menerapkan makan sehat ketika didiagnosa menderita penyakit tertentu. Hal ini tentunya dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat yaitu dengan diet yang sehat dan berolahraga.
Selain talkshow dan diskusi bersama peserta, dalam acara ini juga terdapat demo masak sehat bersama chef Abraham. Pada kesempatan kali ini, chef Abraham mendemokan bagaimana membuat nasi goreng yang sehat yang dapat menjadi salah satu menu sehat. Setelah demo masak, peserta seminar juga mengikuti lomba masak sehat. Pada lomba ini, peserta  dinilai dari segi penggunaan bahan, jumlah sajian, dan penataan di atas piring saji.
Tak lupa juga dalam acara kali ini pun diisi dengan bazaar produk-produk sehat seperti air destilasi dari PW Water, Oatmeal Cookies dari Healthy Bites, dan teh serta beras organik dari Devieni Premium Rice, Tea and Coffee.
Akhir kata, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melakukan weight management.
Langkah 1. Lihatlah informasi gizi yang tercantum pada label makanan. 
Langkah 2. Hindari minum kalori.
Minuman tidak memberikan rasa kenyang. Jadi konsumsilah kalori melalui makanan.
Langkah 3. Makanlah secara teratur setiap hari.
Penelitian menunjukkan bahwa melewatkan waktu makan tidak akan mengurangi lebar pinggang anda. Sebenarnya makan pada saat dan jumlah yang tepat dapat membantu metabolisme dan mengontrol rasa lapar.
Langkah 4. Konsumsi serat makanan yang cukup.
Rata-rata kebutuhan serat per hari yaitu 25-35 g.
Langkah 5. Minum air dalam jumlah yang cukup.
Konsumsi air yang kurang dapat memperlambat metabolisme dan membuat kita ingin makan lebih banyak.
Langkah 6. Bebas lemak bukan berarti bebas kalori.
Perhatikan informasi gizi pada label makanan. Makanan rendah lemak biasanya rendah kalori, tapi tidak semuanya.
Langkah 7. Kontrol porsi makan
Konsumsi makanan dalam jumlah yang cukup, selain bermanfaat untuk mengontrol kalori yang masuk juga untuk mencegah food waste. 
Langkah 8. Kunyah makanan lebih lambat
Perlu waktu 20 menit untuk otak kita memberikan perintah jika tubuh sudah kenyang. Kunyah lebih lambat atau tunggu 20 menit sebelum makan makanan selanjutnya. Ini bisa membantu mengurangi kalori yang masuk.
Langkah 9. Berolahraga
Setiap langkah yang kita lakukan akan membakar sejumlah kecil energi. Tapi begitu kita masuk ke weight management, hasil penelitian menunjukkan bahwa berjalan selama 10 menit 3 kali dalam sehari sama efektifnya dengan berjalan 30 menit sekali dalam sehari. So get exercise!


Manage your body weight and live healthier.
Consume healthy food and do the exercise regularly.

No comments:

Post a Comment