Thursday 16 January 2014

7 Cara Menikmati Snack dengan Cerdas

Sumber gambar: http://umwellness.wordpress.com/2012/03/02/12-healthy-snack-ideas-to-stay-fueled-up/

Sudahkah anda beralih ke snack yang lebih sehat? Atau mungkin anda sudah tidak lagi menikmati permen di sore hari dan menggantikannya dengan energy bar ataukah menjadi penggemar keripik kentang panggang atau es krim bebas lemak. Dan pastinya anda akan membayar lebih mahal untuk produk yang berlabel "organik" atau "alami".

Memang merupakan suatu ide yang bagus untuk memilih snack secara bijaksana. Banyak makanan yang kelihatan memiliki nilai gizi yang baik akan tetapi tidak demikian adanya. Muffin bekatul dan bar sereal terkadang dibuat menggunakan lemak yang tidak baik dan ditambahkan gula. Makanan bebas lemak terkadang sering mengandung gula dan garam yang lebih banyak.

Berikut ada 7 tips pintar memilih snack.
  1. Go for the grain. Snack yang terbuat dari bijian utuh seperti pretzel atau tortilla chips yang terbuat dari bijian utuh dan rendah garam serta sereal bijian utuh yang tinggi serat pangan, dapat memberikan energi yang memiliki daya tahan untuk beraktifitas dalam waktu tertentu.
  2. Bring back breakfast. Banyak jenis sarapan yang dapat dikonsumsi sebagai snack yang bergizi. Contohnya yaitu roti gandum bakar yang diolesi dengan selai rendah kalori, dan juga granola rendah gula. 
  3. Try a "hi-low" combination. Kombinasikan snack sehat kita dengan sedikit lemak yang sehat, contohnya tambahkan sedikit peanut butter ke dalam sejumlah besar irisan apel atau batang seledri.
  4. Go nuts. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang tidak digarami dapat menjadi snack yang baik. Almon, walnut, kacang tanah, biji labu yang disangrai, kacang mede, hazelnut, filbert (sejenis kacang hazel dari Eropa Tenggara), dan jenis kacang dan bijian yang lain mengandung sejumlah manfaat dari kandungan zat gizinya dan memberikan kita rasa kenyang. Kacang-kacangan memiliki kalori yang cukup tinggi, jadi awasi porsinya agar tidak berlebihan.
  5. Combo snack. Cobalah untuk mengkonsumsi snack yang mengandung lebih dari satu zat gizi makro (protein, lemak, karbohidrat). Contohnya, campurkan sedikit kacang-kacangan (protein dan lemak) dengan sejumlah anggur (karbohdrat). Cobalah mencampurkan biskuit yang terbuat dari bijian utuh (karbohidrat) dengan keju rendah lemak (protein dan lemak). Snack dengan kandungan gizi berimbang ini dapat membuat tubuh kita tetap merasa kenyang.
  6. Snack mindfully. Jangan mengkonsumsi snack pada saat melakukan sesuatu seperti berinternet, menonton TV, atau saat sedang bekerja di meja anda. Cara yang tepat adalah dengan menghentikan aktifitas anda untuk beberapa menit kemudian nikmati snack anda seperti anda sedang menikmati makanan. 
  7. You can take it with you. Berpikirlah ke depan dan bawalah sejumlah snack sehat anda dalam kantong atau tas anda sehingga anda tidak berputus asa dan menginginkan untuk membeli kukis/snack yang di jual di konter kopi atau permen/coklat yang dijual di vending machine di kantor anda.
Tujuh tips diatas mungkin dapat membantu anda untuk menikmati snack anda dengan cara yang lebih cerdas sehingga hasil yang didapat pun akan lebih optimal.

Sumber: HealthBeat Newsletter, 10 Jan 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University.

No comments:

Post a Comment