Sunday 19 January 2014

5 Jenis Latihan Terbaik yang Dapat Anda Lakukan

Sumber gambar: http://www.thewellbeingclinic.ie/tag/hydrotherapy/

Jika Anda bukan seorang atlit atau antusias dengan olahraga - tetapi ingin berolahraga untuk sehat atau tetap ingin mengenakan pakaian terbaik anda - aktifitas di tempat fitnes terkadang dapat mengintimidasi. Berlatih dengan treadmill, sepeda statik, dan peralatan berat sepertinya cukup untuk Anda dan setelah itu Anda dapat langsung pulang ke rumah dan beristirahat.
Namun, ada beberapa aktifitas fisik yang baik bagi tubuh anda dan tidak memerlukan peralatan di tempat fitnes anda atau cukup fit untuk melakukan lari maraton. Jenis-jenis latihan ini dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan anda. Latihan-latihan ini akan membantu menjaga berat badan anda tetap terkontrol, meningkatkan keseimbangan dan rentang gerak, memperkuat tulang, melindungi sendi, mencegah masalah kandung kemih dan bahkan mencegah dari kehilangan ingatan.

Tidak masalah berapapun usia atau tingkat kebugaran Anda, olahraga-olahraga berikut ini dapat membantu untuk menjaga bentuk tubuh Anda dan menurunkan resiko terkena penyakit:
  1. Swimming. Anda dapat menyebut berenang sebagai suatu latihan yang sempurna. Daya apung air mendorong tubuh Anda dan menghilangkan nyeri pada sendi sehingga Anda dapat menggerakkannya lebih mudah. Menurut Dr I-Min Lee, Profesor kodokteran, di Harvard Medical School, "Berenang sangat baik untuk individu dengan masalah arthritis karena tidak menggunakan beban". Penelitian menemukan bahwa berenang dapat meningkatkan kondisi mental Anda dan membuat mood Anda menjadi lebih baik. Water aerobic (aerobik air) adalah pilihan lain. Kelas aerobik air dapat membantu Anda membakar kalori dan menyenangkan.
  2. Tai Chi. Tai chi adalah seni beladiri China yang menggabungkan gerakan dan relaksasi - baik untuk tubuh dan pikiran. Tai chi disebut juga "meditasi bergerak". Tai chi terdiri dari serangkaian gerakan yang elegan, perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lain dengan sangat lembut. Karena kelas tai chi memiliki berbagai tingkatan, sehingga menjadikan olahraga ini menjadi lebih mudah diikuti dan bermanfaat untuk berbagai usia dan tingkat kebugaran yang berbeda-beda. Menurut Dr. Lee, "Tai chi baik untuk orang-orang tua karena keseimbangan adalah hal yang penting dalam kebugaran, dan keseimbangan adalah sesuatu yang hilang ketika usia kita bertambah. Mulai mengikuti kelas tai chi dapat membantu Anda untuk mempelajari secara tepat. Kelas-kelas tai chi dapat Anda temukan di tempat kebugaran (fitness center), klub kesehatan atau di komunitas tertentu.
  3. Strength Training. Jika Anda meyakini bahwa latihan kekuatan adalah sesuatu yang macho, aktifitas yang menghasilkan otot, pikirkan sekali lagi. Mengangkat beban yang ringan tidak akan meningkatkan massa otot anda, tetapi sebaliknya akan menguatkan. "Jika Anda tidak menggunakan otot Anda, maka otot Anda akan kehilangan kekuatan dari waktu ke waktu," kata Dr. Lee. Otot juga membantu membakar kalori. "Semakin besar otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang dapat Anda bakar, sehingga lebih mudah untuk mejaga berat badan Anda," kata Dr Lee lebih lanjut. Latihan kekuatan dapat juga membantu memelihara kemampuan ingatan Anda. Sebelum memulai program latihan kekuatan, pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Mulailah dengan yang ringan, 1 atau 2 kg. Anda seharusnya dapat mengangkat beban sebanyak 10 kali dengan mudah. Setelah beberapa minggu, tingkatkan beban anda sebanyak 0,5 - 1 kg. Jika Anda dapat dengan mudah mengangkat beban lebih dari 12 kali, tingkatkan bebannya sedikit lebih berat.
  4. Walking. Berjalan adalah sesuatu yang sederhana, tetapi bertenaga. Hal ini dapat membantu anda tetap langsung, memperbaiki kadar kolesterol, memperkuat tulang, menjaga tekanan darah, memperbaiki mood, dan menurunkan resiko terkena sejumlah penyakit (misalnya penyakit jantung dan diabetes). Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berjalan dan aktifitas fisik lainnya dapat meningkatkan kemampuan memori dan mencegah kehilangan ingatan akibat bertambahnya usia. Untuk melakukan aktifitas ini, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu yang baik dan sesuai. Mulailah dengan berjalan kaki selama 10-15 menit pada waktu tertentu. Seiring waktu, Anda dapat berjalan lebih jauh dan lebih cepat sampai Anda dapat berjalan selama 30-60 menit pada hampir setiap hari selama seminggu.
  5. Kegel Exercises. Latihan kegel tidak akan membantu anda terlihat lebih baik, tetapi latihan ini dapat memberikan manfaat yang sama pentingnya - memperkuat otot-otot dasar panggul yang menahan kandung kemih. Otot-otot panggul yang kuat dapat mencegah terjadinya inkontinensia. Wanita lebih familiar dengan latihan kegel, akan tetapi latihan ini pun dapat bermanfaat bagi pria. Untuk melakukan latihan kegel yang benar, kencangkan dan lepaskan otot-otot anda yang anda gunakan untuk menghentikan kencing atau menahan buang angin. Sebagai alternatifnya, kencangkan secara cepat dan lepaskan dengan kontraksi lebih lama yang ditahan selama 10 detik., dan kemudian lepaskan selama 10 detik. Tingkatkan latihan menjadi 3 set dengan 10-15 kali latihan kegel setiap hari.
Banyak jenis aktifitas fisik yang kita lakukan untuk bersenang-senang (dan bekerja) dapat dimasukkan dalam olahraga. Menyapu halaman dapat dianggap sebagai aktifitas fisik. Demikian juga dengan menari dan bermain bersama anak-anak atau cucu-cucu Anda. Selama Anda melakukan beberapa bentuk latihan aerobik selama minimal 30 menit per hari, dan termasuk dua hari latihan kekuatan selama seminggu, Anda dapat dianggap sebagai seseorang yang aktif.

Sumber: HealthBeat Newsletter, 16 Jan 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University


No comments:

Post a Comment