Saturday 4 January 2014

Trik untuk Perubahan Gaya Hidup yang Nyata dan Berkelanjutan


Terlepas dari keinginan-keinginan anda di tahun-tahun sebelumnya untuk berusaha makan lebih baik, berolahraga lebih giat, atau menghindari stres yang berlebihan, mengubah gaya hidup dapat terasa sangat sulit atau bahkan lebih sulit lagi untuk mempertahankannya.
Akan tetapi ada cara yang dapat membantu anda untuk berhasil.
Para ahli mengatakan bahwa usaha untuk berubah lebih mungkin untuk berhasil jika anda SMART - Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-based. Jika anda berpikir untuk membuat perubahan, cek kembali tujuan anda apakah lulus dengan uji SMART.

  1. Set a very SPECIFIC goal. Contohnya: Saya akan menambahkan 1 porsi buah-buahan dalam diet harian saya yaitu sebanyak 1/2 cup potongan buah.
  2. Find a way to MEASURE progress. Contohnya, Saya akan mencatat usaha-usaha saya setiap hari pada kalender saya.
  3. Make sure it's ACHIEVABLE. Contohnya, jangan paksakan untuk berlari sejauh 8 km per hari jika kondisi tubuh anda tidak memungkinkan. Jika anda tidak merasa aman atau tidak mampu mencapai tujuan anda, tetapkan jarak yang lebih pendek yang dapat dilakukan dengan aman.
  4. Make sure it's REALISTIC. Hal ini mungkin berlawanan dengan intuisi anda, akan tetapi pilihlah perubahan yang paling anda butuhkan untuk dilakukan, katakanlah anda ingin berhentu merokok atau ingin mengurangi berat badan anda, tidakkan akan lebih berhasil jika anda memilih perubahan yang paling penting yang dapat anda lakukan. Fokuslah: jika anda membayangkan skala 10 poin dari keyakinan anda untuk mencapai tujuan, dimana skala 1 = tidak yakin, dan skala 10 = yakin 100%, maka anda harus mencapai paling tidak di skala 7-10. Tambahan sajian buah-buahan per hari adalah langkah yang kecil yang dapat anda atur untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik.
  5. Set TIME commitments. Tentukan tanggal dan waktu untuk memulainya. Contohnya, pada hari Rabu anda akan menambahkan frozenn bluberry pada sereal sarapan anda. Tentukan tanggal untuk memeriksanya: "Saya akan memeriksa log saya setiap minggu dan memutuskan apakah saya harus membuat perubahan dalam rutinitas saya untuk dapat berhasil". Cari batas waktu diluar yang akan membantu anda tetap termotivasi. Misalnya, mengikuti lomba lari untuk amal atau lomba lari triaton pada waktu tertentu sehingga mendorong anda untuk berlatih sebelum lomba tersebut.

Dengan menerapkan 5 poin tersebut, anda dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk hidup lebih sehat dan lebih memuaskan. Strategi tersebut dapat membantu anda untuk berubah secara mudah dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan (Simple Changes, Big Rewards).

Sumber: HealthBeat Newsletter, 2 Jan 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University


No comments:

Post a Comment