Monday 13 January 2014

Chicken Stuffed with Pears


Kebanyakan dari kita pasti sudah mengetahui banyak tentang daging ayam dan zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya. Kali ini saya akan membahas tentang buah pir dan manfaat kesehatannya. Buah yang berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Pyrus communis ini termasuk dalam keluarga mawar (rose) dan masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan apel dan quince (sejenis buah mirip pir).
Daging buah pir memiliki rasa yang manis, tekstur yang berair (juicy), lembut dan terkadang agak kasar. Karena memiliki warna yang putih sampai krem sehingga buah ini pada zaman Yunani kuno pernah dijuluki sebagai “hadiah dari dewa-dewa” atau “gift of the gods”. Buah pir bersifat musiman, akan tetapi bisa tersedia sepanjang tahun karena perbedaan musim panen jenis-jenis buah pir yang ditanam.
Buah pir adalah salah satu buah yang tertua yang dikembangkan. Tercatat pada tahun 5.000 SM, Feng Li seorang diplomat China mengabaikan tugasnya dan menekuni pencangkokan buah peach, almond, kesemek, pir dan apel menjadi usaha dagangnya.
Dari segi nutrisi, dalam satu buah pir terkandung serat pangan yang bisa memenuhi 15.9% kebutuhan harian, vitamin C yang bisa memenuhi 11.1% kebutuhan harian, tembaga 9.5% kebutuhan harian, dan vitamin K yang mencukupi 9.3% kebutuhan harian. Mengkonsumsi 1 buah pir bisa mencukupi 5% dari kebutuhan energi harian didasarkan pada kebutuhan energi 2000 kkal per hari.
Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh antara lain yaitu:
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas. Hal ini dihubungkan dengan kandungan vitamin C dan tembaga yang terkandung di dalamnya.
  • Meningkatan kesehatan kardiovaskular dan usus. Kandungan serat pangan dalam buah pir membantu menurunkan kadar kolesterol, selain itu serat pangan ini juga membantu menjaga kesehatan usus dengan cara mengikat zat-zat kimia penyebab kanker.
  • Mencegah kanker payudara akibat postmenopausal. Hasil penelitian yang dimuat Int. J Cancer. 2008 Jan 15:122(2):403-12, menyebutkan bahwa terjadi penurunan 34% resiko kanker payudara karena konsumsi buah dan sereal yang kaya akan serat pangan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Sumber serat ini diperoleh dari buah-buah yang kaya serat termasuk apel, kurma, buah ara (fig), pir dan prem.
  • Melindungi dari terjadinya degenerasi macular (sejenis penyakit mata yang biasanya disebabkan karena kerusakan retina dan biasanya terjadi pada orang usia lanjut). ARMD (Age-Related Macular Degeneration) ternyata bisa diturunkan resikonya sampai 36% hanya dengan mengkonsumsi 3 sajian buah atau lebih per hari (data dari Archives of Ophthalmology). Studi ini melibatkan 110.000 wanita dan pria. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan vitamin A, C, E, dan karotenoid. Buah pir menyuplai antioksidan untuk mencegah terjadinya ARMD ini.
Untuk mendapatkan manfaat buah ini, buah pir biasanya dimakan dalam kondisi segar atau sebagai campuran salad. Selain itu buah pir bisa juga digunakan dalam pengolahan bahan makanan kita, seperti yang tersaji di resep sehat berikut ini.

Untuk 1 porsi
Bahan:
200 g dada ayam utuh tanpa kulit
½ buah pir potong dadu (150 g)
50 ml perasan jeruk nipis
1 sdm madu.

Bumbu siram:
½ sdm madu
1 sdm cuka apel
30 ml perasan jeruk nipis

Cara membuat
  1. Letakkan dada ayam melebar di atas talenan. Pukul-pukul dengan martil pemukul daging atau dengan alat lain yang bisa digunakan sebagai pemukul. Pukul daging sampai agak pipih. Sisihkan.
  2. Siapkan bahan isian dengan mencampur rata potongan buah pir, madu dan air jeruk nipis. Sisihkan.
  3. Rentangkan daging ayam yang sudah dipipihkan tadi. Letakan bahan isian ditengahnya. Gulung sampai bahan isian tertutup. Letakan diatas baki oven yg dialasi aluminium foil.
  4. Campurkan rata bumbu siram yang terdiri dari madu, cuka apel, dan air jeruk nipis. Siram rata pada permukaan daging gulung tadi.
  5. Bungkus rapat daging dengan aluminium foil.
  6. Panggang pada suhu 180oC selama sekitar 30 menit.
  7. Angkat. Buka aluminium foil. Pindahkan ke piring saji. Hidangkan.

Nilai gizi per porsi
Energi: 322.8 kkal
Lemak: 3 g
Karbohidrat: 27 g
Serat: 5.6 g
Protein: 47.2 g

Tips dan Saran
  1. Sajikan bersama saus sambal atau tomat.
  2. Isi bisa diganti dengan campuran frozen vegetable, potongan sayuran segar atau potongan buah lain, roti gandum atau oatmeal.
  3. Air jeruk nipis bisa diganti dengan yogurt, mayonnaise, atau thousand island.
  4. Bumbu siram bisa diganti juga dengan kecap atau saus tiram.
  5. Jika ingin menggunakan bahan isian sayuran, bisa taburkan campuran lada dan garlic powder pada permukaan pipihan daging ayam sebelum dimasukkan bahan isian.
This article also can be seen at http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/chicken-stuffed-with-pears.html

No comments:

Post a Comment