Saturday 25 January 2014

Simple Mushroom Soup


Resep sehat kali ini, kita membuat simple soup menggunakan bahan jamur-jamuran. Selain menggunakan jamur-jamur yang sering kita gunakan dalam menu-menu sehat sebelumnya, kali ini saya menggunakan salah satu jenis edible mushroom yang disebut jamur paha ayam. Disebut begitu karena memang bentuknya menyerupai paha ayam. Jamur paha ayam mempunyai beberapa sebutan antara lain jamur eryngii, king oyster mushroom, king trumpet mushroom, french horn mushroom, dan trumpet royale. Jamur eryngii mempunyai nama latin Pleurotus eryngii . Jamur ini berasal dari kawasan Eropa Mediterania, Timur Tengah, dan Afrika Utara, namun banyak dibudidayakan di Asia.
Jamur eryngii masih satu genus dengan jamur tiram. Jamur ini memiliki batang putih yang tebal seperti daging dan memiliki tudung yang kecil. Jamur dipanen ketika batangnya mencapai ukuran beberapa inch, tapi jamur ini dapat tumbuh mencapai ukuran panjang 6-8 inch. Dalam penyimpanan, jamur ini dapat mengalami perubahan warna dari putih menjadi agak coklat, tetapi tidak mempengaruhi dari segi kualitasnya.
Suatu studi yang dimuat di Journal Food Science and Biotechnology (2009) yang dilakukan oleh Jung-in Kim, dkk. (2007), memperlihatkan pengaruh jamur eryngii terhadap tikus yang mengkonsumsi jamur tersebut dibandingkan dengan tikus yang tidak mengkonsumsi. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa jamur ini dapat memperbaiki sensitivitas insulin, total kolesterol, tingkat trigliserida dan meningkatkan HDL darah. Penemuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jamur eryngii dapat mengontrol hiperglikemia dan memperbaiki kolesterol buruk pada penderita diabetes.  Suatu penelitian lain yang dilakukan oleh Nozaki, dkk yang dimuat di jurnal Biochemical and Biophysical Research Communications (Vol. 373, issue 3, 2008), menunjukkan bahwa isolate ekstrak jamur eryngii yang disebut pleureryn memiliki potential aktifitas sebagai immunomodulatory (dapat memperbaiki fungsi pertahanan tubuh).
Jamur eryngii mentah memiliki sedikit aroma dan citarasa, tetapi ketika dimasak atau digunakan dalam pengolahan makanan maka jamur ini akan menimbulkan citarasa umami. Dalam dunia masak, jamur ini dapat diolah dengan cara direbus, dibakar, dipanggang, ditumis, ataupun digunakan sebagai campuran sup, rebusan, saus, pasta, lauk sayuran, daging dan campuran seafood.  Jika dimasak dalam keadaan utuh, lakukan pemasakan sampai permukaannya berubah warna menjadi kecoklatan. Selanjutnya, mari kita membuat simple soup menggunakan jamur eryngii.

3 porsi
Bahan
250 g jamur paha ayam iris menyamping
50 g jamur kuping segar (iris memanjang)
25 g jamur shiitake (belah dua atau empat)
100 g wortel (iris menyamping)
50 g pak choy (potong-potong)
1 L air
1 batang daun bawang (potong-potong menyamping +2 cm)
7 btr cengkeh
¾ sdt lada
1/8 sdt pala
1/8 sdt garam
¾ sdm penyedap rasa ayam
1/2 sdm minyak canola

Cara membuat
  1. Panaskan air sampai mendidih.
  2. Masukkan jamur eryngii, jamur kuping, shiitake, wortel dan daun bawang. Masak sampai matang.
  3. Masukkan pak choy, cengkeh, lada, pala, garam, penyedap rasa ayam dan minyak canola. Masak sebentar.
  4. Angkat dan sajikan.

Nilai nutrisi per porsi
Energi: 65.7 kkal
Lemak: 2 g
Karbohidrat: 7.3 g
Serat: 3.4 g
Protein: 4.3 g

Tips dan saran

  1. Dapat dikonsumsi untuk appetizer atau sebagai side dish dalam menu sehat anda.
  2. Jika ingin, dapat menambahkan potongan daging ayam untuk meningkatkan nilai gizinya terutama protein.
  3. Air sebanyak 1 L dapat digantikan dengan air kaldu ayam dalam jumlah yang sama, dan penggunaan penyedap rasa ayam dapat dihilangkan.
This article also can be seen at http://duniafitnes.com/nutrition/simple-mushroom-soup.html

No comments:

Post a Comment