Friday 13 November 2015

Report from SIAL Interfood 2015



Tanggal 11 November 2015 kemarin adalah pembukaan salah satu Food Event terbesar di Indonesia yaitu SIAL Interfood 2015. Event tahunan yang biasanya di-organisir oleh Krista Exhibition, kali ini bekerja sama dengan salah satu exhibitor terbesar di dunia yaitu SIAL Group sehingga nama event pada tahun ini diberi nama SIAL Interfood 2015. SIAL adalah singkatan dari Salon International de l’Agroalimentair. SIAL InterFOOD adaalah Pameran Internasional mengenai Food & Beverage, teknologi, bahan makanan, bahan tambahan makanan, bahan baku, jasa, peralatan produksi, dan supplies.


Pada tahun ini SIAL Interfood 2015 berlangsung mulai tanggal 11-14 November 2015 dan dibagi menjadi memiliki dua hall yaitu domestik dan international. Untuk domestik berlangsung mulai tanggal 11-14 November sedangkan hall internasional hanya berlangsung sampai tanggal 13 November. Hall internasional diisi oleh beberapa negara seperti Arab Saudi, Korea Selatan, Hong Kong, Selandia Baru, Thailand, Taiwan dan China. Sedangkan hall domestik diisi oleh banyak sekali exhibitor. Exhibitor tahun ini berasal dari berbagai bidang yang meliputi Food & Beverage (Products and Technologies) Bakery & Confectionery ( Machinery, Equipments, Supplies, Ingredients). Food & Hospitality, (Wine & Spirits, Equipments, Supplies, Storage, Services & Related Technology for Hotel, Catering, Restaurant, Cafe, Supermarket). Food Ingredients, (Food Additives, Food Chemicals, Food Ingredients, Food Materials). Herbal & Health Food and Food Supplments. Retail & Franchising, (Franchising & Licensing). Coffee, Tea and Cocoa. Fresh and Processed Fruits. Agricultures Products, Halal, Organic and Natural Health Food Products. Frozen food, Fish Seafood and Meat Products, Ice Cream, Gelato.

Secara umum hall internasional lebih sepi pengunjung dibandingkan dengan hall domestik. Apakah karena posisinya yang agak terpisah atau kurangnya daya tarik pengunjung untuk memasuki hall tersebut. Semoga di tahun depan mungkin akan lebih baik jika hall internasional dan hall domestik bisa berada dalam satu ruangan.
 



Selain pameran, SIAL InterFOOD juga mengadakan beberapa seminar terkait seperti seminar tentang retail, one day training untuk kopi, dan seminar tentang jamu. Ada juga beberapa acara kompetisi kuliner yang mengangkat tema kuliner nusantara yaitu Jakarta Culinary Challenge yang diadakan oleh ICA (Indonesian Chef Association). Tak ketinggalan banyak sekali chef-chef terkenal melakukan baking demo, cooking demo, dan cake decorating demo yang selalu mendapat perhatian dari para pengunjung. Para supplier juga mengadakan diskon untuk produk-produk mereka sehingga tidak heran di beberapa stand terdapat antrian-antrian pembeli.

Saya kebetulan mendapat undangan VIP pada saat berkunjung ke event ini. Kesempatan ini tidak Saya sia-siakan. Ajang ini merupakan ajang Saya untuk menjalin hubungan kerjasama dengan supplier dan mencari ide-ide dan inovasi baru untuk bisnis makanan. Banyak sekali informasi yang saya peroleh dalam event ini terkait dengan produk-produk makanan yang saya minati. Selain itu di ajang ini saya juga berkesempatan bertemu dengan beberapa supplier bahan makanan yang selama ini menyuplai kebutuhan industri saya.

Banyak ide-ide untuk pengembangan usaha di bidang makanan yang saya peroleh dari event ini. Karena saya suka sekali dengan cake decorating maka kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk mengambil foto-foto dekorasi cake yang menarik seperti terlihat pada foto-foto berikut.



Menurut Saya, kegiatan SIAL InterFOOD pada tahun ini termasuk yang cukup bagus dengan banyak peserta dan banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan kuliner dan usaha makanan, bahkan untuk kunjungan sehari terasa tidak cukup bagi Saya. Semoga di tahun depan, event InterFOOD akan lebih baik lagi dengan inovasi-inovasi terbaru. See you at SIAL InterFOOD 2016.



No comments:

Post a Comment