Sunday 29 November 2015

Olahraga: Sebuah Resep Efektif Untuk Mengatasi Sakit Persendian

Picture source: https://www.dignityhealth.org/cm/content/pages/exercise-frequency-and-guidelines-for-maintaining-healthy-bones-and-joints.asp

Sakit sendi dapat menghilangkan kebahagiaan Anda dalam menjalankan hidup yang sederhana - Anda mungkin tidak dapat mengajak anjing anda berjalan-jalan, atau mengejar bola tenis di lapangan tenis. Bahkan gerakan-gerakan yang biasa anda lakukan setiap hari, seperti menaiki mobil anda atau membawa cucian ke tempat pencucian (misalnya di basement), dapat menjadi terbatas.

Tetapi olahraga yang tepat dan benar dapat menjadi cara yang tahan lama untuk menghilangkan sakit pada pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan bahu. Meskipun kelihatannya olahraga dapat memperburuk nyeri sendi, tapi ini tidak begitu saja terjadi. Olahraga yang benar justru dapat membantu meredakan nyeri sendi dengan berbagai cara :

  • Olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot-otot dan jaringan ikat yang mengelilingi sendi. Jika otot paha kuat, misalnya, maka dapat membantu mendukung lutut, sehingga mengurangi beberapa tekanan pada sendi lutut.
  • Olahraga mengurangi kekakuan, yang dengan sendirinya dapat menyakitkan. Tubuh dibuat untuk bergerak. Bila tidak bergerak, tendon, otot, dan ligamen dapat menjadi pendek dan menegang. Tapi olahraga - dan peregangan sesudahnya - dapat membantu mengurangi kekakuan dan menjaga atau memperpanjang rentang gerak.
  • Olahraga meningkatkan produksi cairan sinovial, pelumas di dalam sendi. Cairan sinovial membantu untuk membawa oksigen dan dan zat gizi ke sendi. Dengan demikian, olahraga membantu menjaga sendi tetap "terminyaki."
  • Olahraga meningkatkan produksi senyawa alami dalam tubuh yang membantu meredakan rasa sakit. Dengan kata lain, tanpa olahraga, Anda lebih sensitif terhadap setiap rasa sakit. Dengan olahraga, Anda memiliki perlindungan rasa sakit alami.
  • Olahraga membantu Anda menjaga berat badan Anda tetap terkontrol, yang dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dalam menahan beban, seperti pada pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Jika hal-hal tersebut tidak cukup memberikan alasan untuk berolahraga, pertimbangkan hal berikut: dengan berolahraga dapat meningkatkan produksi bahan kimia alami dalam otak yang membantu memperbaiki mood Anda. Anda akan merasa lebih bahagia - selain merasa lebih baik.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 7 November 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.




No comments:

Post a Comment