Monday 28 October 2013

Baked Spaghetti with chicken





Sebagai pembuka di resep sehat kita kali ini, saya akan berbagi beberapa “fun facts” mengenai pasta yang informasi ini saya peroleh dari National Pasta Association yang berpusat di Washington, AS.  
  • Dari catatan sejarah, ternyata orang China telah mengkonsumsi pasta sejak awal tahun 5000 sebelum masehi.
  • Berlawanan dengan yang dipercaya, ternyata Marco Polo bukan orang yang menemukan pasta. Orang Italia kuno membuat pasta seperti yang kita lakukan sekarang. Meskipun Marco Polo menulis tentang menikmati pasta di Istana Kublai Khan, tapi bukan dia yang memperkenalkan pasta di Italia. Kenyataannya, terdapat bukti orang Italia kuno (Etruscan) membuat pasta sejak 400 tahun sebelum masehi. Bukti-bukti tersebut terdapat di ukiran di gua-gua yang berjarak sekitar 48,3 km utara Roma. Ukiran-ukiran tersebut menggambarkan alat untuk membuat pasta berupa meja tempat menggiling, roda penggiling, dan penampung tepung. Bukti lain yang mendukung bahwa Marco Polo bukan penemu pasta yaitu tertulis di surat wasiat Ponzio Baestone seorang prajurit Genoa yang memesan “bariscella peina de macaroni” atau sekeranjang kecil macaroni. Surat wasiatnya ditulis tahun 1279, 16 tahun sebelum Marco Polo kembali dari China.
  • Christopher Columbus yang termasuk pencinta pasta yang terkenal lahir di bulan oktober yang merupakan Bulan Pasta Nasional.
  • Sebuah legenda menceritakan bahwa mie petama dibuat pada abad ke-13 oleh seorang pembuat roti bangsa Jerman yang membuat adonan rotinya menjadi berbentuk simbol seperti pedang, burung, dan bintang yang dipanggang dan disajikan sebagai roti pada abad ke-13, Paus kemudian menentukan standar mutu untuk pasta.
  • Penjelajah bangsa Spanyol Cortez memperkenalkan tomat di Eropa dari Mexico pada tahun 1519. Sejak saat itu spaghetti dengan saus tomat masuk ke dapur Italia, setelah hampir 200 tahun sejak spaghetti dikonsumsi.
  • Pabrik pasta pertama di Amerika pertama kali dibuka di Brooklyn , New York pada tahun 1848 oleh seorang Perancis bernama Antoine Zerega.  Dia mengatur sendiri seluruh operasi dengan hanya menggunakan seekor kuda di ruang bawah tanahnya untuk menggerakan mesin produksi. Untuk mengeringkan spaghetti, dia meletakkan untaian spaghetti di atap rumahnya dan mengeringkan dengan sinar matahari.
  • Thomas Jefferson mendapat penghargaan karena memperkenalkan macaroni di Amerika Serikat. Kelihatannya dia telah jatuh cinta dengan makanan ini semenjak mencobanya sewaktu di Naples ketika menjadi duta besar Amerika untuk Prancis. Kenyataanya, dia dengan cepat memesan berpeti-peti kayu macaroni bersama dengan mesin pembuat pasta dan mengirimkannya ke Amerika Serikat.
  • Pada tahun 1980-an, macaroni yang secara tradisional dikonsumsi masyarakat pekerja kelas bawah (blue-collar) berubah menjadi makanan yang dikonsumsi masyarakat yang berkelas lebih tinggi. Semakin banyak orang mulai menikmati macaroni dan meromantiskannya sepanjang era 60an dan 70an sehingga imej pasta berubah.
Itulah beberapa “fun facts” mengenai pasta, selanjutnya kita bisa mencoba resep berikut yang juga terbuat dari pasta.

Untuk 4 potong
Bahan
100 g spaghetti whole wheat
100 g daging ayam (cincang kasar)
½ potong bawang Bombay
2 siung bawang putih
1 sdm canola oil untuk menumis
200 ml susu rendah lemak
2 butir telur (kocok lepas)
½ sdt garam
¼ sdt pala bubuk
½ sdm merica bubuk
Air untuk merebus

Cara membuat

  1. Didihkan air. Rebus spaghetti hingga matang (sekitar 13 menit). Angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga matang. Tambahkan merica, garam, dan pala. Aduk rata.
  3. Campurkan spaghetti dan tumisan tadi dalam baskom. Aduk rata.
  4. Tambahkan kocokan telur dan susu. Aduk rata.
  5. Tuang ke dalam cetakan yang sudah diolesi tipis dengan minyak goreng.
  6. Taburkan potongan seledri di atasnya.
  7. Panggang pada suhu 180oC selama sekitar 45  menit.
  8. Angkat. Dinginkan sebentar. Potong dan sajikan.


Nilai gizi per potong
Energi: 163.2 kkal
Lemak: 4 g
Karbohidrat: 17.5 g
Serat: 3.3 g
Protein: 14.2 g

Tips dan saran

  1. Untuk taburan bisa menggunakan keju parut.
  2. Dua butir telur utuh bisa digantikan dengan 4 bir putih telur.
  3. Bisa ditambahkan potongan kotak keju cheddar pada campuran.
  4. Daging ayam bisa digantikan dengan daging sapi atau ikan
This article also can be seen at 
 

No comments:

Post a Comment