Monday 17 August 2015

Red & White Cocopandan Whey Protein Pudding Serving with Banana Creamy Sauce



Dalam rangka merayakan 70 Tahun kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari ini tanggal 17 Agustus 2015, saya menyempatkan diri membuat menu khusus ini. Menu ini bertemakan merah putih sebagai warna bendera Republik Indonesia. Tentunya menu ini tetap menyehatkan dengan kandungan gula yang lebih sedikit dan menggunakan suplemen whey protein untuk meningkatkan kandungan proteinnya. Memasak menggunakan whey protein memang agak sedikit tricky karena suhu pemanasan harus tetap dijaga agar protein tidak mengalami penggumpalan. Menggunakan kristal agar dapat membantu protein sehingga tidak mudah mengalami penggumpalan karena waktu memasak dengan kristal agar relatif lebih cepat dibandingkan jika menggunakan agar-agar.

Happy Independence Day My Indonesia
Dirgahayu Indonesiaku
17 August 1945 - 17 August 2015


Untuk 8 porsi
Bahan 1
1/2 bungkus (5 g) kristal agar tanpa rasa
450 ml air matang
3 sdm sirup cocopandan
1 tetes pewarna merah (optional)

Bahan 2
1/2 bungkus (5 g) kristal agar tanpa rasa
450 ml susu cair rendah lemak
30 g (1 scoop) whey protein rasa vanila

Bahan saus pisang
2 buah (+ 150 g) pisang matang
¼ cup susu cair rendah lemak
1 cup air matang
6 sdm susu kental manis
½ sdm pati jagung (maizena)
½ sdm tepung custard

Cara membuat
  1. Bahan 1 (lapisan 1). Campur rata kristal agar, air matang, sirup cocopandan, dan pewarna. Panaskan dengan api sedang hingga mendidih. Tuang ke dalam cetakan. Masukkan dalam lemari pendingin dan biarkan mengeras. Setelah mengeras, kerjakan bahan 2.
  2. Bahan 2 (lapisan 2). Campur rata kristal agar, susu cair, dan whey protein. Panaskan menggunakan api kecil-sedang sambil terus diaduk agar tidak terjadi penggumpalan. Begitu  mulai mendidih, angkat dari api. Tuang dengan hati-hati di atas pudding lapisan pertama. Masukkan dalam kulkas dan biarkan mengeras.
  3. Bahan saus. Blender halus pisang dan susu cair. Masukkan ke dalam panci tambahkan air matang dan susu kental manis. Panaskan sambil diaduk hingga mendidih dengan api sedang. Tambahkan pati jagung dan tepung custard yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk terus sampai mengental. Angkat dan dinginkan.
  4. Keluarkan pudding dari lemari pendingin. Potong-potong. Beri saus pisang. Sajikan.

Nilai gizi per porsi
Kalori: 95,5 kkal
Lemak: 1,6 g
Karbohidrat: 14,8 g
Serat: 1,4 g
Protein: 5,5 g

No comments:

Post a Comment