Sunday 2 August 2015

Apakah kekurangan vitamin atau mineral menjadi penyebab pada kelelahan anda?


Sumber gambar: https://www.vitamindcouncil.org/blog/new-trial-shows-treating-vitamin-d-deficiency-significantly-improves-fatigue-symptoms/

Kehidupan terasa berjalan lebih cepat dan padat akhir-akhir ini. Jika Anda terus-menerus merasakan kekosongan, Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang mengalami hal serupa dimana mereka merasakan kurang berenergi untuk melakukan aktifitas-aktifitasnya. Terkadang penyebab kelelahan dapat terlihat jelas, misalnya menderita flu atau kurang tidur. Terkadang kekurangan vitamin adalah bagian dari masalah tersebut. Sebaknya anda meminta dokter untuk memeriksa kadar vitamin/mineral tubuh anda, seperti tiga jenis berikut ini:

Zat besi. Anemia terjadi ketika tidak terdapat jumlah sel darah merah yang cukup untuk berikatan dengan oksigen yang dibutuhkan tubuh, atau keitka sel tersebut tidak membawa sejumlah protein yang disebut hemoglobin yang cukup. Kelelahan biasanya merupakan gejala pertama anemia. Tes darah dapat dilakukan untuk melihat jumlah sel darah merah atau jumlah kandungan hemoglobin jika anda menderita anemia. Langkah pertama yaitu menyuplai tubuh anda dengan zat besi yang dibutuhkan tubuh melalui makanan-makanan yang kaya kandungan zat besi (seperti daging, telur, beras, dan polong-polongan) atau, suplemen jika ada anjuran dari dokter.

Vitamin B12. Tubuh anda membutuhkan sejumlah vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Jadi jika anda kekurangan vitamin ini dapat juga menyebabkan anemia. Sumber utama B12 adalah daging dan produk olahan susu, yang dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari. Tetapi, hal ini menjadi sulit bagi tubuh untuk menyerap B12 karena pertambahan umur, dan penyakit tertentu (seperti penyakit radang usus) yang menyebabkan penyerapan menjadi tidak sempurna. Banyak vegetaria dan vegan mengalami kekurangan B12 karena tidak mengkonsumsi daging atau susu. Jika kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan pola makan, maka pemberian suplemen dan perubahan pola makan dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Kekurangan B12 yang lain dapat diatasi dengan injeksi reguler vitamian B12.

Vitamin D. Kekurangan vitamin ini dapat melemahkan tulang dan otot. Vitamin ini unik karena tubuh dapat memproduksi sendiri dengan bantuan sinar matahari, tetapi juga tidak begitu banyak makanan alami yang mengandung ini. Anda dapat menemukannya pada beberapa jenis ikan (seperti tuna dan salmon) dan produk yang difortifikasi seperti susu, jus jeruk, dan sereal sarapan pagi. Suplemen merupakan cara lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D (bentuk vitamin D3 lebih mudah diserap dibandingkan bentuk vitamin D yang lain).

Sumber: Healthbeat Newsletter, 1 August 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


    No comments:

    Post a Comment