Sunday 30 March 2014

Anda Ingin Hidup Lebih Lama dan Lebih Baik? Lakukan Latihan Kekuatan (Strength Train)

Sumber gambar: http://masternorris.com/articles-news/2012/01/01/the-best-8-exercises-for-older-adults

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, mengurangi resiko timbulnya berbagai macam penyakit, dan membantu anda untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Bagi kebanyakan kita, olahraga yang dimaksud adalah berjalan, berlari (jogging), berlari dengan treadmill, atau aktifitas lain yang membuat jantung kita bekerja lebih aktif.
Tetapi, terkadang olahraga latihan beban sering diabaikan. Setelah anda mencapai usia 50-an keatas, latihan kekuatan (resistensi) adalah latihan yang cukup penting untuk mempertahankan aktifitas fisik keseharian dan untuk menjaga tubuh tetap aktif dan lebih mandiri.
Rata-rata orang pada usia 30 tahun, akan mengalami kehilangan sebanyak 1/4 dari kekuatan otot ketika mencapai usia 70 dan sebanyak 1/2 dari kekuatan otot ketika mencapai usia 90 tahun. Menurut Dr. Robert Schreiber, dokter di Hebrew SeniorLife dan Instruktur di kedokteran Harvard Medical School, "Hanya melakukan latihan aerobik tidaklah cukup, Anda akan menjadi lebih lemah dan kurang fungsional, kecuali jika anda melakukan latihan kekuatan".

Apa itu Latihan Kekuatan?
Latihan kekuatan terdiri dari:
  • Latihan menggunakan beban, seperti barbel dan dumbel.
  • Latihan menggunakan beban di pergelangan kaki dan menggunakan rompi yang memiliki variasi beban.
  • Latihan menggunakan tali resisten yang elastis dengan variasi panjang dan ketegangan untuk melatih lengan dan kaki anda.
  • Latihan menggunakan beban tubuh untuk menghasilkan ketahanan terhadap gravitasi.
Berapa lama tubuh anda butuhkan untuk latihan kekuatan?
Bagi seorang pemula membutuhkan waktu paling tidak 20 menit, dan anda tidak perlu menggerutu, keseleo atau berkeringat seperti kartun binaragawan. Kuncinya adalah membuat program yang menyeluruh, melakukan latihan dengan cara yang benar dan konsisten. Anda akan merasakan penambahan kekuatan anda dalam waktu empat sampai delapan minggu.

Getting Started
Membeli peralatan latihan sendiri adalah salah satu pilihan. Satu set dumbell untuk pemula memiliki harga $50-100. Klub-klub kesehatan atau fitnes center memberikan pilihan berbagai peralatan, hanya dengan membayar iuran bulanan saja. Buku-buku dan video dapat membantu anda mempelajari beberapa gerakan dasar dan untuk mulai mengembangkan latihan. Ada juga beberapa pusat lansia dan program pendidikan orang dewasa menawarkan kelas untuk latihan kekuatan.
Apapun cara anda untuk memulai latihan kekuatan, lakukanlah dengan perlahan untuk menghindari cedera. Diskusikan pola latihan anda dengan dokter anda, dan jelaskan tujuan apa yang anda ingin capai. Nyeri otot ringan sampai medium karena latihan yang anda lakukan adalah hal yang normal, tetapi jika berlangsung selama beberapa hari sebaiknya anda mundur dan konsultasikan lagi dengan dokter anda.

Sumber: HealthBeat Newsletter, 22 March 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University

No comments:

Post a Comment