Saturday 15 March 2014

4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Energi Anda



Sumber gambar: http://simpleremedies.net/home-remedies/how-to-get-rid-of-chronic-fatigue-syndrome-naturally/

Apakah Anda terkadang merasakan seperti kelinci Energizer ketika daya baterainya akan habis? Anda mungkin memulai hari anda dengan semangat, tetapi di tengah hari, anda tidak dapat bertahan untuk tetap bersemangat.
Kelelahan dapat menimpa semua orang pada satu waktu atau waktu yang lain. Dengan berasumsi bahwa dokter anda telah mengesampingkan penyebab medis serius, ada beberapa langkah dasar yang dapat anda lakukan untuk "mengisi ulang baterai anda":

1.     Pacu diri Anda. Jika anda termasuk orang yang suka bergerak, Anda mungkin akan senang untuk melakukan berbagai aktifitas - tetapi jangan ambil resiko untuk membuat diri anda lelah. Anda dapat terus beraktifitas dan tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Sebagai contohnya, alih-alih menghabiskan energi "baterai" anda dalam 2 jam, siapkan waktu diantara pekerjaan  pagi, sore, dan malam hari dengan istirahat dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan cukup.
2.     Ambil kesempatan untuk sedikit berjalan atau tidur siang. Tidak ada yang lebih memuaskan dibandingkan dengan tidur siang yang singkat dan bermutu. Namun, jika anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, ketahuilah bahwa tidur siang dapat membuat insomnia anda menjadi lebih buruk. Jika anda mengalami hal tersebut maka anda sebaiknya anda bergerak. Bangkitlah dari tempat duduk anda dan berjalanlah berkeliling di sekitar kantor atau di sekeliling lingkungan kerja anda. Jika anda tidak mengalami insomnia, dengan 20-30 menit tidur siang dapat mengisi baterai anda kembali.
3.     Hindari konsumsi suplemen yang berlebihan. Anda mungkin pernah mendengar tentang suplemen yang dapat meningkatkan energi atau "anti-penuaan". Tidak ada bukti suplemen tersebut memberikan khasiat yang dijanjikan. 
  • -         DHEA. Tidak ada bukti bahwa DHEA menawarkan manfaat yang nyata, dan efek sampingnya masih tetap menjadi tanda tanya. Jangan membeli suplemen dari iklan yang ada di halaman belakang majalah, karena anda tidak tahu apa yang terkandung di dalamnya. 
  • -         Zat besi. zat besi hanya meningkatkan energi jika anda memang mengalami kekurangan zat besi setelah mendapat hasil pemeriksaan dotkter. Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen zat besi jika anda tidak memerlukannya. Terlalu banyak zat besi dalam darah pun dapat membahayakan tubuh.
  • -         Vitamin B. Memang benar bahwa vitamin B (B1, B2, B6, B12) dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi untuk digunakan sel tubuh, tetapi mengkonsumsi vitamin B yang berlebihan tidak akan meningkatkan energi tubuh anda. Itu adalah mitos. 

4.     Isi bahan bakar anda secara bijaksana. Sepotong roti manis dari toko roti akan memberikan banyak kalori, tetapi tubuh anda akan memetabolismenya dengan lebih cepat. dan berakhir dengan gula darah yang rendah dan kelelahan. Anda dapat mempertahankan energi anda yang stabil dengan mengkonsumsi protein dan karbo kompleks. Cobalah yogurt rendah lemak  dengan taburan kacang, kisms, dan madu. Tubuh anda akan mengambil energi dari campuran karbo-serat-protein dengan cara bertahap. Jangan lewatkan waktu makan anda. Tubuh anda membutuhkan sejumlah kalori untuk digunakan pada saat anda bekerja. Akan lebih baik untuk anda menyiapkan waktu untuk makan sehingga tubuh anda mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan sepanjang hari.

Sumber: HealthBeat Newsletter, 8 March 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University

No comments:

Post a Comment