Tuesday 4 March 2014

6 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Pertambahan Usia


Sumber gambar: http://healthyliving.azcentral.com/running-elderly-7633.html

Anda mungkin telah mempersiapkan diri anda untuk tetap sehat dan bisa menikmati kehidupan di masa-masa mendatang, seperti makan dengan benar, berolahraga, dan melakukan cek up kesehatan seperti yang direkomendasikan oleh dokter anda. Akan tetapi masuk akal juga jika anda mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan yang dapat terjadi.
  1. Beradaptasi dengan rumah anda. Tangga, bak mandi, dan dapur dapat menjadi sumber bahaya pada manula. Meskipun jika anda tidak membutuhkan perubahan untuk saat ini, akan tetapi lakukanlah peninjauan kembali setiap tahun sehingga anda dapat melakukan perubahan jika diperlukan.
  2. Mencegah dari jatuh. Jatuh merupakan salah satu masalah yang cukup besar untuk manula - hal ini sering menyebabkan patah/retak pada tulang yang dapat menyebabkan cacat/lumpuh, yang selanjutnya dapat mengakibatkan masalah-masalah kesehatan, atau juga kematian. Tindakan pengamanan merupakan hal yang penting, akan tetapi dengan berolahraga dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan.
  3. Mempertimbangan pilihan tempat tinggal yang tepat. Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan survei terlebih dahulu komunitas untuk para pensiunan. Lingkungan dan kompleks perumahan ini tidak dikembangkan khusus untuk manula - yang pada kenyataannya terdiri dari berbagai usia - tetapi kompleks ini memiliki tempat perawatan dan fasilitas yang mendukung untuk manula.
  4. Pikirkan tentang bagaimana untuk mendapatkan bantuan yang Anda mungkin butuhkan. Menyiapkan makanan, transportasi, perbaikan rumah, membersihkan rumah, dan membantu menyelesaikan tugas-tugas keuangan seperti membayar tagihan yang mungkin harus Anda menyewa seseorang untuk melakukannya, atau berbagi bersama teman dan keluarga. Pelayanan manula  dalam suatu komunitas mungkin dapat menjadi suatu pilihan lain.
  5. Perencanaan jika terjadi sesuatu keadaan darurat. Siapa yang akan Anda hubungi disaat darurat? apakah ada seseorang yang memeriksa keadaan anda secara teratur? Apa yang akan anda lakukan jika anda terjatuh dan tidak bisa menelpon? Simpan selalu nomor darurat (emergency umber) disamping telpon atau dalam layanan "speed dial". Bawa selalu cellphone anda (terutama yang memiliki tombol yang besar dan layar yang terang), atau pertimbangkan juga untuk memiliki sistem alarm pribadi.
  6. Menulis petunjuk arahan untuk perawatan. Petunjuk arahan untuk perawatan, seperti surat kuasa, akan memberikan kuasa kepada pengacara kesehatan anda atau perwakilan perawatan kesehatan, memungkinkan anda untuk menjelaskan jenis perawatan yang seperti apa yang anda ingingkan jika anda terlalu sakit, kebingunan, atau tidak bisa mengungkapkan keinginan anda dengan suara anda. Setiap orang dewasa harus memiliki dokumen-dokumen ini.
Sumber: HealthBeat Newsletter, 27 February 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University

No comments:

Post a Comment