Saturday 9 November 2013

Mengerti gizi dan praktek masak sehat di Healthy Cooking Class V - Weight Management




Pada tanggal 3 November 2013, Saya bersama De Chef Culinary Center Bogor mengadakan Healthy Cooking Class (HCC). Healthy Cooking Class yang ke-5 ini diadakan dengan tema “Weight Management” atau pengaturan berat badan. Cooking Class ini juga didukung oleh Duniafitnes.com, Sportindo The Magazine, Healthy Bites, dan DeVieni Premium Rice, Tea & Coffee. Dalam kelas yang berdurasi sekitar 4 jam ini berisikan materi mengenai Healthy Food Concept, Weight Management, Menghitung Kebutuhan Kalori Harian, dan Menghitung Kandungan Gizi Pada Makanan. Selain diajarkan mengenai teori dasar dari healthy food itu sendiri, juga para peserta diajarkan mengenai bagaimana menyusun menu seperti apa yang sehat untuk sehari-hari. Tidak hanya teori yang diajarkan tapi juga teknik memasak sehat. Peserta yang mengikuti acara ini terutama yang masih memiliki pengalaman yang minim dalam dunia masak-memasak, juga diajarkan bagaimana mengolah healthy food yang mudah, bergizi, dan rasanya enak. Dalam cooking class ini, peserta nantinya diharapkan dapat membuat makanan sehat untuk kebutuhan dirinya sendiri atau keluarga. 


 Menu yang dibuat dalam HCC kali ini yaitu chicken steamed with garlic sauce dan green beans saute with lime and honey. Chicken steamed with garlic sauce tidak hanya daging ayam kukus biasa, saus garlicnya membuat menu ini lebih tasty dan menggugah selera makan. Sedangkan menu green beans saute with lime and honey memberikan citarasa asam dan manis pada waktu bersamaan. Selain itu peserta juga diajarkan membuat cake menggunakan beras merah, yaitu honey cappucino red rice steamed cake. Pembuatan cake tanpa terigu ini termasuk mudah. Berbeda dengan cake yang terbuat dari terigu, cake beras merah ini sebaiknya disajikan hangat-hangat agar teksturnya tetap lembut.
Salah seorang peserta, Leonardus Mursalim yang juga adalah karyawan di salah satu perusahaan swasta memberikan komentar mengenai cooking class ini sebagai berikut “Acaranya bermanfaat dan menambah wawasan. Saya sangat suka dengan cooking class-nya dan menunya cukup simple. Bila ditambah dengan presentasi video pasti lebih super lagi”. Peserta yang lain, Ferdie Darmawan yang seorang konsultan keuangan memberikan komentar sebagai berikut “Seminar yang simple, saya jadi tahu kebutuhan kalori harian saya dan bagaimana memasak sehat dan simple”. 


 
Peserta lainnya juga terlihat cukup antusias mengikuti kelas ini terutama pada saat praktek memasaknya. Setelah diajarkan cara mengolah makanan kemudian para peserta mengolah bahan makanannya sendiri yang sudah disiapkan. Para peserta meskipun berasal dari latar belakang pekerjaan yang berbeda terlihat cukup terampil mengolah bahan-bahan makanan sesuai yang diajarkan. Hasil masakan mereka pun telah disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan porsi makanan yang direkomendasikan. Setelah selesai mengolah masakannya, peserta dapat menikmati hasil masakannya yang disajikan bersama rainbow rice yang merupakan campuran beras merah, beras hitam, beras coklat dan beras putih yang memiliki rasa yang cukup pulen dan tidak pera’. Rainbow rice dapat diperoleh di De Vieni Premium Rice, Tea & Coffee.

Karena ada permintaan dari beberapa calon peserta yang terlambat mendaftar, maka Healthy Cooking Class VI yang berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2014 dengan tema “Diabetes”. Bagi yang berminat dapat menghubungi melalui email arieftng@yahoo.com. Healthy Cooking Class. Understand Nutrition and Cook Your Own Healthy Food.

This article also can be seen at http://duniafitnes.com/news/weight-management-masak-sehat-di-healthy-cooking-class-v.html

No comments:

Post a Comment