Wednesday 13 November 2013

6 Cara Meringankan Rasa Sakit Leher



Kehidupan sehari-hari tidaklah begitu ramah terhadap leher. Anda tentunya sudah cukup terbiasa dengan rasa pegal akibat meletakan telpon diantara bahu dan telinga ketika menelpon, atau rasa tegang yang dirasakan ketika selesai bekerja dengan komputer.

Sakit di leher jarang yang timbul hanya dalam semalam. Tetapi berkembang dari waktu ke waktu. Dan hal tersebut dapat ditimbulkan oleh adanya arthritis atau penyakit sendi degeneratif dan ditambah dengan postur tubuh yang buruk, kekuatan otot yang menurun, stress dan bahkan kurang tidur, seperti kata Dr Zacharia Ishak, Direktur Medis di Pusat Perawatan Komprehensif Tulang Belakang di Brigham, dan Rumah Sakit . 
Nyeri leher jarang dimulai semalam. Ini biasanya berkembang dari waktu ke waktu. Dan itu mungkin didorong oleh arthritis atau penyakit sendi degeneratif dan ditekankan oleh postur tubuh yang buruk, kekuatan otot menurun, stres, dan bahkan kurang tidur, kata Dr Zacharia Ishak, direktur medis di Rumah Sakit Wanita dan Pusat Perawatan Spine Komprehensif di Brigham, dan Direktur Kedokteran Intervensi Fisik dan Rehabilitasi di Harvard Medical School.

Enam tips berikut dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan leher anda.

  1. Jangan berada terlalu lama pada suatu posisi yang sama.  Menurut Dr Isaac, cukup sulit untuk mengembalikan postur tubuh yang jelek, tetapi jika kita sering bergerak maka kita dapat mencegah leher kita berada pada pada posisi yang tidak sehat.
  2. Buatlah beberapa posisi yang ergonomik. Posisikan layar monitor kita pada level sejajar dengan mata sehingga dapat melihat dengan mudah. Gunakan hands-free atau earphone ketika menelpon. Letakkan tablet touch-screen kita pada bantal/tumpuan tertentu sehingga posisinya berada pada 45 derajat, dibandingkan diletakkan pada pangkuan.
  3. Jika kita menggunakan kaca mata, selalu perbaharui kondisinya. Menurut Dr Isaac, ketika kondisi kacamata kita tidak sesuai dengan kondisi mata kita, maka kita cenderung memposisikan posisi kepala kita agak membelakang untuk melihat lebih baik.
  4. Jangan menggunakan terlalu banyak bantal kepala. Tidur dengan beberapa bantal di kepala kita dapat membatasi ruang gerak leher kita.
  5. Ketahui keterbatasan kita. Ketika kita ingin memindahkan lemari besar ke sudut ruangan, pikirkan terlebih dahulu keterbatasan leher dan punggung kita, dan mintailah pertolongan untuk membantu memindahkan jika tidak merasa kuat.
  6. Dapatkan tidur malam yang baik. Masalah tidur dapat meningkatkan resiko pada beberapa kondisi yang berbeda, termasuk nyeri muscoskeletal (tulang, otot, ligamen, tendon dan saraf).

Sumber: Healthbeat Newsletter, November 7, 2013, Harvard Medical School, Harvard University.

No comments:

Post a Comment