Friday 22 November 2013

Making Sushi Rice using Germinated Organic Rice at International Food Festival


Pada tanggal 25 September - 6 Oktober 2013, Hero Supermarket dan Living World Alam Sutra mengadakan acara yang berjudul International Food Festival. Pameran dan bazaar yang menampilkan berbagai produsen makanan dan minuman diisi dengan berbagai acara demo masak. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk mengisi demo masak di booth Bionic Farm tempat saya bekerja.


Tema cooking demo yang saya pilih pada saat tersebut yaitu membuat nasi sushi menggunakan beras berkecambah atau germinated organic rice. Membuat nasi sushi atau shari memang memerlukan jenis beras khusus yang memiliki tingkat kelengketan tertentu. Beras yang biasanya sering digunakan yaitu beras jepang (beras putih).




Berbeda dengan beras jepang, Beras berkecambah masih tergolong beras pecah kulit dan memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis beras sehat. Selain itu, jika dilihat dari kandungan gizinya, beras berkecambah lebih kaya nilai gizinya dibandingkan dengan beras putih seperti yang terlihat pada tabel berikut.
Tabel perbandingan kandungan gizi beras putih dan beras berkecambah


White RiceGerminated Brown Rice
Protein9.0g10.0g
Fat1.2g4.5g
Cholesterol0mg0mg
Carbohydrate123.0g110.00g
Dietary Fiber0.9g4.5g
Calories540.0g520.0kcal

Germinate organic rice (GOR) adalah beras sehat kaya manfaat. Proses germinasi mengaktifasi berbagai enzim dalam beras coklat dan beras merah sehingga meningkatkan nilai gizinya. Beberapa keunggulan dari GOR selain dari kandungan gizi utamanya yaitu kandungan GABA (gamma-aminobutiric acid), IP6, serat pangan, asam ferulat, tocotrienol, gamma oryzanol, prolyl endopeptidase inhibitor, seng, dan kalium.
Berbeda dengan beras coklat atau beras merah yang belum digerminasi dan memliki tekstur yang agak keras setelah dimasak, GOR justru memiliki tekstur yang lebih pulen dan dapat digunakan untuk membuat nasi sushi. Nasi sushi atau shari (sushi meshi) adalah salah satu bahan terpenting dalam pembuatan sushi. Salah satu syarat dalam pemilihan jenis beras untuk pembuatan nasi sushi yaitu beras tersebut sebaiknya menghasilkan nasi dengan tingkat kelengketan tertentu. Beras yang biasanya digunakan untuk membuat sushi adalah beras jepang (beras putih) yang kandungan nilai gizinya sudah jauh berkurang.

Satu hal penting juga dalam pembuatan sushi yaitu bumbu yang digunakan dalam campuran nasinya. Biasanya bumbu yang digunakan yaitu vinegar, garam dan gula. Untuk gula, anda dapat menggantikannya dengan gula palem (palm sugar) yang memiliki nilai IG yang rendah. Untuk pembuatan nasi sushi menggunakan GOR sebanyak 200 g dimasak dengan air sebanyak 400 g, maka dapat digunakan takaran sebagai berikut yaitu cuka apel 20 ml, gula palem ½ sdm, dan garam ½ sdt. Semua bahan ini dicampur rata dan didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuat sushi dengan isian yang anda inginkan.




No comments:

Post a Comment