Friday 30 October 2015

Non Gluten Pumpkin Mud Cake



Pumpkin mud cake atau kue lumpur labu kuning adalah salah satu cemilan favorit saya di waktu kecil. Terinspirasi dari cemilan tersebut, maka saya membuat resep kue lumpur labu kuning kali ini dengan menggunakan beberapa bahan yang lebih menyehatkan. Salah satu bahan yang saya gunakan yaitu tepung mocaf.
Mocaf adalah singkatan dari “modified cassava flour” atau tepung singkong termodifikasi. Tepung mocaf sering juga disebut tepung mocal. Tepung mocaf berbeda dengan tepung gaplek dan tepung tapioka meskipun sama-sama terbuat dari singkong. Tepung mocaf terbuat dari singkong utuh yang difermentasi dan ditepungkan, tepung gaplek terbuat dari singkong utuh yang dikeringkan dan ditepungkan, sedangkan tepung tapioka adalah tepung pati singkong yang diperoleh dengan cara mengekstraksi pati dari singkong yang kemudian dikeringkan. Tepung tapioka memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan tepung mocaf atau tepung gaplek.
Tepung mocaf terbuat dari tepung singkong yang dimodifikasi menggunakan bakteri asam laktat (lactid acid bacteria). Aktifitas bakteri selama proses fermentasi menyebabkan tepung mocaf memiliki karekteristik tepung yang mendekati karakteristik tepung terigu. Proses fermentasi bakteri asam laktat menyebabkan tepung mocaf memiliki viskositas yang lebih tinggi, meningkatnya kemampuan gelasi (kemampuan membentuk gel) dan daya rehidrasi, serta mudah larut, warna lebih putih dan tidak berbau. Karena karakter tepung ini mendekati karakter tepung terigu sehingga pada beberapa produk yang menggunakan tepung terigu dapat digantikan seluruh atau sebagian pemakaian tepung terigu.
Tepung terigu secara alami mengandung apa yang disebut dengan gluten. Gluten adalah sejenis protein yang terkandung dalam beberapa jenis serealia seperti gandum, jelai (barley), dan rye. Gluten biasanya dihindari oleh penderita penyakit celiac (penyakit intoleransi terhadap gluten) dan autis. Adanya kandungan gluten dalam diet penderita penyakit tersebut dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mereka atau bahkan memperparah kondisinya.
Penggunaan tepung mocaf dapat menjadi alternatif jika kita ingin membuat produk olahan makanan yang bebas gluten (gluten free). Penggunaan tepung mocaf juga dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap penggunan tepung terigu yang merupakan produk impor. Tepung mocaf termasuk dalam jenis whole flour (tepung utuh) sehingga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Anda ingin segera mencoba resepnya? Yuk, kita lihat resep berikut.

Untuk 8 potong
Bahan
250 g labu kuning(kukus dan haluskan)
100 g gula palem
125 g tepung mocaf
50 g minyak canola
1 butir telur
250 ml susu cair rendah lemak
1/8 sdt garam
Vanili bubuk secukupnya
Kismis dan manisan cherry untuk topping.

Cara membuat
  1. Campur gula palem, telur, garam dan vanili. Kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai tercampur rata.
  2. Masukkan labu kuning. Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung mocaf. Aduk rata.
  4. Tambahkan minyak canola. Aduk rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan berbentuk lingkaran berukuran 22 cm. Beri topping kismis dan cherry.
  6. Panggang pada suhu 180oC selama kurang lebih 25-30 menit.
  7. Angkat. Potong- potong dan sajikan.

Nilai gizi per potong
Kalori: 179 kkal
Lemak: 6,9 g
Karbohidrat: 27,5 g
Serat: 0,5 g
Protein: 1,6 g



No comments:

Post a Comment