Wednesday 21 October 2015

5 Manfaat Berjalan Kaki yang Menakjubkan


Sumber gambar: http://www.gethealthylivewell.org/get-healthy-live-well/get-fit/go-for-30/walking-works-for-everyone


Kali berikut Anda memeriksakan diri Anda ke dokter, jangan heran jika dokter Anda akan menyarankan anda untuk berjalan. Ya, aktifitas sederhana ini yang telah anda lakukan sejak umur anda sekitar 1 tahun disebut-sebut sebagai "hal yang paling dekat hubungannya dengan obat ajaib," demikian ungkap Dr Thomas Frieden, direktur Center for Disease Control and Prevention.
Tentu saja, Anda mungkin sudah tahu bahwa aktifitas fisik apapun, termasuk berjalan kaki, adalah baik untuk kesehatan Anda. Tetapi berjalan kaki lebih khususnya memiliki sejumlah manfaat. Berikut adalah lima manfaat berjalan kaki yang dapat membuat anda takjub.
  1. Melawan efek gen-gen yang mempengaruhi penambahan berat badan. Peneliti di Harvard meneliti 32 gen yang mendorong terjadinya obesitas di lebih dari 12.000 orang untuk menentukan seberapa besar pengaruh gen-gen ini terhadap peningkatan berat badan. Mereka kemudian menemukan bahwa, diantara para partisipan yang melakukan jalan cepat selama 1 jam setiap hari, pengaruh dari gen-gen tersebut dapat dikurangi setengahnya.
  2. Membantu melindungi gigi. Sepasang studi dari Universitas Exeter menemukan bahwa 15 menit berjalan kaki dapat menghalangi ketagihan untuk mengkonsumsi coklat dan bahkan mengurangi jumlah coklat yang anda makan dikala stres. Dan hasil dari penelitian terbaru menegaskan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi ketagihan dan asupan berbagai cemilan  manis (bergula).
  3. Mengurangi resiko terkena kanker payudara. Para peneliti telah mengetahui bahwa setiap jenis aktifitas fisik dapat mengurangi resiko kanker payudara. Tapi sebuah studi yang dilakukan oleh American Cancer Society yang memusatkan perhatian pada berjalan kaki menemukan bahwa wanita yang berjalan tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki resiko 14% lebih rendah untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang berjalan hanya tiga jam atau kurang dalam seminggu. Dan berjalan kaki dapat memberikan perlindungan ini bahkan pada wanita yang beresiko kanker payudara seperti mereka yang mengalami obesitas atau menggunakan suplemen hormon.
  4. Mengurangi nyeri sendi. Beberapa studi menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi rasa sakit yang terkait radang sendi, dan mereka yang berjalan 5-7 mil per  minggu dapat mencegah terbentuknya arthritis sejak awal. Berjalan kaki melindungi persendian - khususnya lutut dan pinggul, yang paling rentan terhadap osteoarthritis - dengan cara melumasi dan menguatkan otot-otot pendukungnya.
  5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Berjalan dapat membantu melindungi Anda selama musim demam dan flu. Suatu studi pada lebih dari 1000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan setidaknya 20 menit per hari, minimal 5 hari dalam seminguu, memiliki hari sakit 43% lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berolahraga sekali seminggu atau kurang. Dan jika mereka sakit, hanya dalam waktu yang pendek, dan gejala yang ringan.
Sumber: Healthbeat Newsletter, 16 October 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment