Sunday 11 October 2015

3 Cara Memanfaatkan Psikologi Positif Agar Anda Lebih Tangguh

Positive Actions image map



Sumber: http://positivepsychologynews.com/image-maps/positive-actions

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa psikologi positif dapat membantu Anda dalam menghadapi naik turunnya kondisi kehidupan dan juga membangun ketahanan jika menghadapi suatu kesulitan yang besar.Berikut adalah tiga cara untuk mengambil manfaat psikologi positif.

Ekspresikan rasa syukur. Rasa syukur adalah suatu apresiasi  terhadap apa yang anda Miliki - dari atap di atas kepala Anda, kondisi kesehatan Anda yang baik sampai ke orang-orang yang perhatian kepada Anda. Ketika Anda menyadari kebaikan di hidup Anda, maka Anda mulai mengenal ternyata sumber kebaikan sebagian berasal dari luar diri Anda. Dengan cara ini, ucapan syukur membantu Anda terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari pengalaman pribadi anda - apakah untuk orang lain, alam. atau kekuatan yang lebih besar. Sisihkan beberapa menit setiap hari dan berpikirlah 5 hal yang besar atau yang kecil yang Anda sangat syukuri. Tulis jika Anda merasa perlu. Fokuslah dan ingat apa artinya hal-hal tersebut bagi diri Anda.

Tingkatkan kekuatan Anda. Untuk mendapatkan manfaat dari kekuatan Anda, pertama anda harus mengetahu apa arti kekuatan tersebut. Sayangnya, menurut suatu penelitian yang dilakukan di Inggris, hanya 1/3 orang yang benar-benar mengerti tentang kekuatan mereka. Jika sesuatu datang dengan mudah ke diri Anda, Anda akan menerima begitu saja dan tidak mengidentifikasinya sebagai sesuatu kekuatan. Jika Anda tidak yakin dengan kekuatan anda, anda dapat mengidentifikasikan dengan menanyakan kepada orang yang Anda hormati yang mengenal anda dengan baik, dengan memperhatikan apa pendapat orang tersebutmengenai anda, dan dengan berpikir tentang hal yang datang dengan mudah kepada diri Anda.
Beberapa kekuatan tertentu sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan. Termasuk didalamnya rasa syukur, harapan, vitalitas, keingintahuan, dan cinta. Kekuatan-kekuatan ini sangat sehingga perlu dikembagkan dan diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-har, bahkan jika hal tersebut tidak datang secara alami pada diri Anda.

Menikmati hal-hal yang baik. Kebanyakan orang lebih mengutamakan kegembiraan pada peristiwa yang spesial seperti pernikahan atau liburan. Kegembiraan sehari-hari, terkadang dapat terlewat tanpa disadari.  Menikmati berarti memberikan perhatian pada kegembiraan yang sedang dialami, dan secara sadar menikmatinya. Menghargai harta kehidupan, besar dan kecil, membantu membangun kebahagiaan.
Multitasking adalah musuh dari menikmati. Cobalah melakukakannya, Anda akan tidak dapat sepenuhya memberikan perhatian pada beberapa hal sekaligus. Jika anda membaca koran dan mendengarkan radio selagi menikmati sarapan, Anda tidak dapat menikmati kenikmatan sarapan Anda - atau koran atau program radio. Jika Anda mengajak anjing anda berjalan-jalan di jalan setapak yang indah tetapi anda sambil memperhatikan daftar kerjaan yang akan anda kerjakan, Anda akan kehilangan momen tersebut.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 9 October 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment