Monday 6 October 2014

Latihan Peregangan yang Ideal

Sumber gambar: http://breakingmuscle.com/mobility-recovery/two-new-studies-on-static-stretching-are-completely-conflicting

Peregangan (stretching) membantu menjaga kelenturan dan keleluasan  persendian dalam bergerak - dan juga menurunkan resiko kejang pada persendian dan otot.
Tetapi seberapa seringkah anda harus melakukan peregangan? Berapa lama anda harus menahan suatu gerakan pada saat peregangan? Dan berapa kali anda harus lakukan untuk satu gerakan peregangan?

Sebuah panel diskusi yang dihadiri oleh para ahli yang diadakan oleh American College of Sport Medicine (ACSM) meninjau berbagai studi yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan tadi. Peregangan dipelajari tidak sebegitu ketat dibandingkan dengan bentuk-bentuk latihan yang lain, sehingga ilmu mengenai hal tersebut masih belum begitu kuat. Tetapi berdasarkan hasil diskusi panel, disimpulkan bahwa:

  • Orang dewasa yang sehat harus melakukan latihan fleksibilitas (peregangan, yoga, atau tai chi) untuk seluruh kelompok otot tendon - leher, pundak, dada, trunk, punggung bawah, pinggul, kaki, dan pergelangan kaki - paling tidak 2 atau 3 kali dalam seminggu.
  • Untuk hasil yang optimal, anda harus melakukan paling tidak 60 detik untuk setiap gerakan peregangan. Jadi, juga anda dapat menahan suatu gerakan peregangan selama 15 detik, lakukan pengulangan tersebut 3 kali untuk mendapatkan gerakan yang ideal. Jika anda dapat menahan suatu gerakan peregangan selama 20 detik, maka 2 kali pengulangan sudah cukup.


Sumber: Healthbeat Newsletter, 2 October 2014. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment