Wednesday 6 August 2014

Healthy Christmas Stollen


Yuk, kita simak sedikit cerita tentang Stollen. Stollen adalah makanan tradisional dari Jerman tepatnya kota Dresden yang merupakan sejenis roti yang dibuat menggunakan campuran buah kering dan dilapisi dengan tepung gula pada bagian permukaannya. Stollen biasanya disajikan selama Natal sehingga dalam dalam bahasa Jerman sering disebut Weihnachsstollen atau Christstollen. Stollen dikenal juga dengan sebutan lain seperti Dresden Stollen, Strutzel, Striezel, dan Stutenbrot. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan German Christmas Bread.
Stollen memiliki bentuk panjang dan agak lonjong serta bergelombang di bagian tengah yang melambangkan bayi Yesus dalam lapisan kain. Sepintas makanan ini mirip dengan fruit cake, akan tetapi cara pembuatannya sama dengan membuat roti. Selain bahan utama dalam pembuatan roti (tepung, gula, air dan ragi), digunakan juga bahan-bahan lain yang khas seperti kulit jeruk (sukade), kismis, kacang almond, dan beberapa jenis bumbu seperti kayu manis dan kapulaga. Jenis buah kering dan kacang-kacangan yang digunakan dapat juga ditambah atau divariasikan dengan buah kering atau jenis kacang yang lain. Stollen biasanya menggunakan isian marzipan (sejenis permen yang dibuat dari campuran gula atau madu dan kacang almond).
Asal mulanya Stollen hanya dibuat menggunakan terigu, oat dan air. Sebagai hidangan kue Natal, Stollen pertama kali dibuat di Saxon Royal Court pada tahun 1427 dan dibuat menggunakan terigu, ragi, minyak dan air. Stollen awalnya dibuat sebagai makanan selama masa puasa adven dan tidak boleh menggunakan minyak sama sekali sehingga rasanya menjadi hambar dan teksturnya keras. Akhirnya Pangeran Elector Ernst (1441-1486) dan Duke Albrecht (1443-1500) dari Saxony menulis surat kepada Paus di Roma untuk meminta izin penggunaan minyak dalam pembuatan Stollen. Keinginan ini baru dikabulkan pada tahun 1490 oleh Paus Innocent VIII (1432-1492) setelah masa kepemimpinan 5 orang Paus. Setelah berabad-abad, akhirnya resep Stollen berkembang menjadi lebih bervariasi dengan bahan isian yang beragam dan tekstur yang lebih lembut dan lebih ringan.
Christmas Stollen adalah salah satu jenis makanan tertua yang dibuat sejak abad ke-15. Festival Stollen dilangsungkan setahun sekali bertempat di Kota Dresden. Festival ini sempat terhenti pada tahun 1918 karena perubahan pemerintahan menjadi monarki dan dimulai lagi pada tahun 1994.
Demikianlah sedikit cerita mengenai Stollen. Sekarang, yuk kita membuat Healthy Christmas Stollen untuk menyambut Natal yang lebih sehat. 


Untuk 9 potong
Bahan
195 g terigu protein tinggi
8 g ragi instant
30 g gula palem
20 g butter oil substitute
1 butir telur
0,8 g garam
20 g kacang almond slice
20 g kismis
20 g cranberry kering
10 g oatmeal atau muesli
20 g jagung manis pipil yang sudah dikukus
40-50 ml susu cair rendah lemak
Tepung gula dan kayu manis bubuk untuk taburan, secukupnya.

Cara membuat
  1. Campur rata terigu, ragi, dan gula palem.
  2. Masukkan telur ke dalam campuran terigu dan campur rata.
  3. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diulen. Hentikan penambahan susu jika dirasa sudah cukup. Lakukan pengulenan sampai adonan kalis.
  4. Setelah adonan kalis, masukkan garam, butter oil substitute, oatmeal, almond, kismis, cranberry, dan jagung. Campur dan ulen sampai kalis.
  5. Setelah kalis, diamkan adonan pada suhu ruang selama kurang lebih 30 menit.
  6. Bagi-bagi atau cetak adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan berbentuk lonjang.  Dapat juga dalam bentuk utuh lonjong. Letakkan di atas baki oven yang sudah diolesi minyak sedikit. Diamkan sekitar 15 menit.
  7. Panggang dengan oven pada suhu 160oC selama kurang lebih 15-20 menit.
  8. Angkat dan dinginkan suhu ruangan.
  9. Taburi gula halus dan kayu manis bubuk. Sajikan


Nilai nutrisi per potong
Energi: 150 kkal
Lemak: 4,4 g
Karbohidrat: 22,8 g
Serat: 1,2 g
Protein: 5 g

Tips dan saran
  1. Jenis buah kering dapat digantikan dengan jenis buah kering yang lain.
  2. Demikian pula dengan jenis kacang yang digunakan dapat anda variasikan dengan jenis kacang lain seperti kacang tanah dan kenari.
This article also can be seen at http://duniafitnes.com/nutrition/healthy-christmas-stollen.html

No comments:

Post a Comment