Sunday 31 August 2014

Vitamin dan Jantung Anda

Sumber gambar: http://effectivehealthcare.ahrq.gov/index.cfm/search-for-guides-reviews-and-reports/?productid=1455&pageaction=displayproduct

Apakah suplemen vitamin dan mineral benar-benar dapat membantu kesehatan jantung anda? Beberapa studi menemukan bahwa suplemen kalsium memiliki manfaat terhadap kesehata jantung, dan minyak ikan juga baik untuk jantung anda. Tetapi suplemen kalsium akhir-akhir ini berada dibawah pengawasan menyusul laporan yang menyatakan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih dari 1000 mg suplemen kalsium setiap hari selama lebih dari 12 tahun memiliki resiko sebesar 20% untuk menderita penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen tersebut. Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa kapsul minyak ikan yang dikatakan dapat menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung atau masalah lain yang terkait, ternyata tidak menemukan manfaat-manfaat tersebut.
Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesehatan jantung dengan asupan beberapa jenis vitamin yang lebih banyak - khususnya vitamin C dan E, beta karoten, dan tiga jenis vitamin B (asa folat, B6, dan B12). Tetapi suatu studi yang lebih ketat yang membandingkan antara orang yang mengkonsumsi vitamin tertentu dengan mereka yang mengkonsumsi plasebo (tanpa vitamin) tidak menemukan hasil yang berarti. Bahkan, pedoman yang dikeluarkan oleh American Heart Association menyebutkan bahwa suplemen vitamin-vitamin yang disebutkan tadi seharusnya tidak dikonsumsi untuk tujuan mencegah penyakit jantung. Tidak hanya mereka tidak membantu, bahkan ada saran bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin E dapat sedikit meningkatkan resiko gagal jantung dan hemorrhagic (pendarahan) stroke.
Jadi intinya, lebih baik bagi kita untuk mendapatkan nutrisi dari makanan kita, bukan dari suplemen. Ketika anda mengkonsumsi makanan sehat, anda tidak mendapatkan zat gizi tunggal - melainkan anda mendapatkan sekumpulan vitamin, karbohidrat, serat pangan, dan lemak, yang telah terbukti bermanfaat untu kesehatan jantung.

Sumber: Healthbeat Newsletter 28 August 2014. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment