Tuesday 31 December 2013

Corn Pancake



Sebentar lagi kita akan mengakhiri tahun 2013 dan memasuki tahun 2014. Dan Anda tentunya ingin memulai tahun yang baru dengan awal yang sehat bukan? Ayo, kali ini kita buat sarapan sehat untuk memulai awal yang sehat di tahun 2014. Corn Pancake.
Sebelum membuat pancake jagung, saya akan menceritakan sedikit mengenai jagung dan nilai nutrisinya. Jagung yang memiliki nama latin Zea mays L. disebut juga dalam bahasa Inggris “maize” atau lebih sering kita kenal dengan “corn”. Jagung adalah tanaman biji-bijian (grain) yang berasal dari kawasan mesoamerika (yang meliputi  Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika dan Belize). Tanaman ini diperkirakan telah dibudidayakan dan dikonsumsi sebagai makanan pokok dimulai sekitar 7500-12000 tahun yang lalu. Secara umum jagung yang ditanam terdiri dari dua jenis yaitu sweet corn dan field corn. Sweet corn (jagung manis) biasanya digunakan untuk konsumsi manusia sedangkan field corn (jagung ladang) digunakan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri kimia.
Jagung menyebar ke seluruh dunia melalui bangsa barat dan kemudian menjadi makanan pokok di banyak wilayah di dunia. Selain dikonsumsi langsung, jagung juga diolah menjadi pati jagung (corn starch), minyak jagung (corn oil), dan gula jagung (corn sugar). Beberapa varietas jagung dipanen lebih awal dan dikonsumsi sebagai sayuran yang sering kita sebut dengan “baby corn”.
Sebagai bahan makanan, jagung termasuk salah satu makanan sehat. Jagung termasuk makanan rendah kalori. Dalam 100 g jagung (direbus) hanya memiliki 108 kkal sedangkan dalam 100 g nasi putih mengandung energi sebanyak 130 kkal. Jagung merupakan sumber yang baik dari serat pangan, vitamin C, B3, B5 dan magnesium.  Dalam 100 g jagung manis yang direbus mengandung karbohidrat sebanyak 25 g, serat pangan 2.8 g, protein 3.3 g, dan lemak 1.3 g. Jagung manis memiliki nilai indeks glisemik yang rendah yaitu sekitar 53. Jagung kuning juga mengandung sejumlah antioksidan (lutein dan zeaxanthin) dalam jumlah yang besar dibandingkan dengan jenis makanan pokok lainnya. Sedangkan pada jagung biru, ungu, dan merah mengandung sejumlah antosianin yang juga merupakan salah satu senyawa antioksidan yang kuat. Selain sebagai sumber antioksidan, jagung juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam pengaturan kadar gula darah dan memperbaiki fungsi pencernaan.
Suatu penelitian mengenai konsumsi jagung bersama kacang-kacangan yang dimuat di Food Nutrition Bulletin (Mar;28(1):23-34.2007), ternyata konsumsi jagung bersama kacang-kacangan dapat meningkatkan keterserapan beberapa mikro nutrisi seperti seng, kalsium dan besi sebaik keterserapan energi dan protein. Dengan demikian penambahan jagung dan kacang-kacangan dalam suatu makanan secara keseluruhan dapat memperbaiki mutu gizi makanan tersebut.
Sebagai akhir dari artikel sehat kali ini, saya ingin mengucapkan juga:

Happy New Year
1 January 2014
May Healthy Live Always In Your Life On The Years Ahead

Untuk 8 buah
Bahan
150 g jagung manis pipil (kukus terlebih dahulu)
60 g terigu
½ sdt baking powder
250 ml susu rendah lemak
2 sdm gula palem
¼ sdt garam
2 sdm minyak rice bran
2 buah telur

Cara membuat
  1. Campur rata terigu, baking powder, dan gula palem dicampur rata.
  2. Tambahkan jagung pipil ke dalam campuran tepung. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Campur susu, telur, dan minyak menggunakan mixer sampai tercampur rata.
  4. Masukkan campuran susu ke dalam campuran jagung. Aduk sampai rata.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket. Olesi rata dengan sedikit minyak. Panaskan dengan api kecil.
  6. Setelah wajan panas, ambil sekitar ¼ cup adonan dan dimasak diatas wajan datar. Gunakan wajan datar yang berukuran kecil.
  7. Masak sebentar. Balik setelah sisi bawahya matang.
  8. Biarkan sisi yang menghadap ke bawah menjadi matang.
  9. Angkat. Sajikan.


Nilai nutrisi per potong
Energi: 108 kkal
Lemak: 4,4 g
Karbohidrat: 12,9 g
Serat: 0,7 g
Protein: 4,1 g

Tips dan saran
  1. Untuk mengurangi kandungan lemaknya, 2 telur dapat digantikan dengan 4 putih telur.
  2. Untuk variasi, anda dapat juga menambahkan oatmeal,  muesli atau kacang-kacangan secukupnya.
  3. Tambahkan sejumlah whey protein untuk meningkatkan kandungan proteinnya (misalnya 2 sdm UN Prostar Whey Protein rasa vanilla).
  4. Anda dapat juga menambahkan topping berupa madu atau sirup maple secukupnya. 
This article also can be seen at http://duniafitnes.com/nutrition/corn-pancake.html

No comments:

Post a Comment