Saturday 28 December 2013

Pijat Kaki: Jeda yang Menyegarkan dan Baik Untuk Anda

Sumber gambar: http://blessingspa.com/

Kaki anda telah bekerja untuk anda selama seharian. Terutama di waktu-waktu sibuk seperti berbelanja, berkumpul bersama keluarga, teman dan rekan kerja atau bahkan kegiatan sekolah atau kuliah. Tidak ada waktu yang dihabiskan untuk salah satu kaki kita saja. 
Sama seperti leher, punggung dan pundak anda, kaki pun akan mendapatkan manfaat dari pijat regular. Pijat kaki membantu memperlancar sirkulasi, menstimulasi otot, mengurangi ketegangan, dan juga meredakan nyeri. Selain itu, hal ini juga memberikan kesempatan untuk anda melihat apa yang terjadi pada kaki anda sehingga dapat segera menangani hal-hal seperti kaki lecet, bengkak, katimumul (pengerasan kulit), dan masalah kuku lainnya.
Seorang pemijat kaki yang profesional merupakan suatu keuntungan, akan tetapi bukanlah suatu yang sangat penting untuk mendapatkan manfaat dari pijat kaki. Berikut adalah panduan untuk melakukan pijat kaki sendiri.

  • Duduklah di kursi yang nyaman. tekuk kaki kiri anda dan istirahatkan dengan meletakkan dengan perlahan pada paha kanan anda.
  • Tuang lotion atau minyak pijat secukupnya pada tangan anda. Gosok dengan lembut pada kaki kiri anda dan pijat seluruh kaki anda termasuk jari-jari kaki, punggung kaki, dan tumit.
  • Lakukan pijat lebih dalam. Tekan buku-buku jari tangan kanan ada ke telapak kaki kiri anda. Pijat kaki anda seperti menguleni roti. Lakukan pijatan pada kulit dan otot dengan memegang kaki dengan kedua tangan dan  tekan-tekan ibu jari anda ke permukaan kaki.
  • Gunakan tangan anda. Tarik perlahan jari-jari kaki anda bolak balik atau gerakan memisahkan. Hal ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot dibawahnya.
  • Lakukan hal yang sama pada kaki yang satunya lagi.
Perangkat alat pijat yang dapat kita temukan di toko-toko obat, apotik, atau toko-toko kesehatan dapat juga membantu relaksasi dan memulihkan kaki anda. Rol kaki (foot rollers) adalah alat sederhana yang dapat memberikan pijatan secara cepat di rumah atau tempat kerja anda. Cukup dengan melepaskan alas kaki anda kemudian gerakkan kaki anda pada permukaan foot roller.
Fakta, lebih dari 3/4 Orang Amerika akan menderita beberapa jenis gangguan pada kaki dalam hidup mereka. Oleh karena itu, cari tahu bagaimana untuk menjaga kaki anda tetap sehat dan apa yang harus dilakukan ketika masalah pada kaki terjadi. 

Sumber: HealthBeat Newsletter, 28 Des 2013 Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University

No comments:

Post a Comment