Sunday 18 June 2017

Vegetable Pecel (a Nutrient-Dense Indonesian Food) Part 2



Resep II
Untuk 3 porsi
250 g labu siam
200 g kacang panjang
120 g tauge
200 g bok choy
170 g kol
500 g nasi putih atau nasi merah

Cara membuat:
  1. Bersihkan dan cuci bersih kacang panjang dan kol sebelum dipotong-potong. Jangan memotong terlalu kecil atau terlalu besar.
  2. Siapkan kukusan. Setelah air mendidih. Masukkan potongan kacang panjang, kol, tauge, bok choy. Kukus kurang lebih 3-5 menit.
  3. Untuk labu siam, cuci bersih, belah dua. Bisa dikukus sampai matang atau direbus dengan air mendidih sekitar 3 menit. Angkat dan tiriskan. Potong sesuai selera.
  4. Siapkan di piring saji, tambahkan nasi putih atau nasi merah 1 centong atau 1 cup. Tambahkan saus pecel dan kecap secukupnya.

Nilai gizi per porsi
Energi: 273.2 kkal
Lemak: 0.8 g
Karbohidrat: 56.4 g
Serat: 7.5 g
Protein: 10.1 g

Tips dan Saran
  1. Jumlah bahan dalam resep bukan patokan utama. Berkreasilah dengan jumlah dan jenis sayuran yang digunakan, misalnya menggunakan tomat, lobak, ubi jalar, salada, bayam, dan lain-lain.
  2. Untuk melengkapi sumber proteinnya bisa menambahkan bahan-bahan seperti telur rebus, tempe, daging sapi, daging ayam, atau ikan, yang tentunya diolah juga dengan cara yang sehat.
  3. Hindari perebusan sayuran jika tidak diperlukan, karena sebagian vitamin dan mineral akan larut ke dalam air rebusan.
  4. Bahan makanan yang dimasak terlebih dahulu akan lebih memudahkan zat gizinya terserap tubuh, dan juga dapat membunuh mikroorganisme yang merugikan.



No comments:

Post a Comment