Wednesday 9 March 2016

4 Cara Meredakan Ketegangan Sakit Kepala



Sumber gambar: http://allmedcorp.com/tension-headaches/


Ketegangan akibat sakit kepala dapat mengganggu hari Anda. Sakit kepala semacam ini biasanya terjadi di sore hari, yang menyebabkan nyeri ringan atau sedang yang terasa seperti tertekan. Ketegangan akibat sakit kepala biasanya terjadi ketika otot leher, bahu, dan otot kepala menjadi tegang. Beberapa orang mengalami ketegangan sakit kepala dari waktu ke waktu, sedangkan yang lain dapat merasakannya lebih sering. Sakit kepala jenis ini jarang yang membuat kita lemas tetapi tentu dapat membuat hidup kita lebih menderita.
Jika Anda sering mengalami ketegangan akibat sakit kepala (lebih dari 1 atau 2 kali dalam seminggu), berikut ini ada beberapa strategi yang dapat membantu Anda mencegahnya.
  1. Perhatikan kebutuhan dasar. Cukupkan tidur, tidak melewatkan sarapan, dan yakinkan Anda dapat memacu diri anda untuk menghindari stres dan kelelahan.
  2. Teknik relaksasi. Terapi relaksasi fisik dan psikologi dapat membantu Anda mencegah dari ketegangan akibat sakit kepala, sepanjang Anda terus melatih teknik ini secara reguler. Pendekatan fisik, termauk menggunakan bantal dengan pemanas untuk leher dan bahu untuk mengendurkan otot-otot. Melatih otot-otot ini juga dapat membantu dengan menguatkan dan meregangan otot-otot tersebut. Panduan latihan bergambar yang membantu Anda memfokuskan pada bagian yang berbeda-beda di tubuh Anda untuk menjadi lebih rileks dan terlepas dari ketegangan dan tekanan dapat membantu juga. 
  3. Biofeedback. Teknik relaksasi ini membutuhkan latihan khusus tetapi dapat membantu orang-orang agar terhindar dari ketegangan akiba sakit kepala yang berulang. Biasanya terapis akan mengaitkan elektroda pada kulit Anda untuk mendeteksi sinyal elektrik dari otot leher dan bahu. Anda kemudian dapat mengenali kapan terjadinya ketegangan dan melatih Anda untuk mengistirahatkan otot-otot sebelum terjadinya tekanan yang berujung pada terjadinya ketegangan akibat sakit kepala.
  4. Pendekatan medis. Beberapa orang yang mengalami ketegangan sakit kepala memiliki area yang sangat sensitif, yang dikenal sebagai titik pemicu, di bagian belakang leher atau di bahu. Suntikan bius lokal ke area ini dapat menghilangkan rasa sakit dan mencegah sakit kepala terjadi. Ada juga sejumlah obat yang dapat membantu mencegah terjadinya ketegangan akibat sakit kepala. Jika terapi tanpa obat tidak dapat membantu sakit kepala Anda, konsultasikan ke dokter Anda mengenai pengobatan yang tepat untuk Anda.
Sumber: Healthbeat Newsletter, 30 January 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment