Saturday 6 June 2015

5 Fakta Mengenai Perlindungan Mata Anda



Sumber gambar: http://www.mywell-being.com/health/think/8-tips-how-maintain-good-eyesight-and-eye-health

Dari kelima indera Anda, yang mana yang anda paling takuti jika terjadi kerusakan? Jika Anda termasuk orang pada umumnya, maka jawaban anda adalah indera penglihatan. Karena penglihatan begitu berharga, sehingga banyak sekali mitos yang beredar mengenai hal-hal yang dapat merusak mata kita - dan apa saja yang dapat melindunginya. Berikut ini ada 5 mitos mengenai mata - dan bagaimana seharusnya menjaga mata anda tetap sehat.

Mitos: Melakukan latihan olah mata akan menunda waktu penggunaan kacamata.
Fakta: Latihan olah mata tidak akan memperbaiki atau menjaga penglihatan ataupun menurunkan kebutuhan terhadap kacamata. Penglihatan anda tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran bola mata dan kesehatan jaringan mata, baik yang dapat dipengaruhi oleh latihan olah mata.

Mitos: Membaca dengan cahaya yang redup akan memperburuk mata Anda.
Fakta: Cahaya redup tidak akan merusak penglihatan. Bagaimanapun, hal tersebut akan melelahkan mata anda dengan cepat. Cara terbaik untuk mendapatkan posisi cahaya lampu baca yaitu mengarahkan sinarnya ke halaman yang sedang dibaca, tidak melalui arah dari pundak anda. Lampu baca yang ideal yaitu lampu meja dengan bola lampu buram yang mengarah langsung ke bahan bacaan.

Mitos: Wortel adalah makanan terbaik untuk mata.
Fakta: Wortel yang mengandung vitamin A adalah memang baik untuk mata. Tetapi buah segar dan sayuran berdaun hijau, yang mengandung lebih banyak antioksidan seperti vitamin C dan E, adalah juga yang terbaik. Antioksidan dapat membantu melindungi mata terhadap katarak dan degenarasi makular terkait penuaan. Tetapi jangan berharap antioksidan dapat mencegah atau memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun jauh dan rabun dekat.

Mitos: Sebaiknya tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak sepanjang waktu. Melepaskannya sesekali dapat mengistirahatkan mata anda.
Fakta: Jika anda membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk melihat atau membaca, gunakanlah. Tidak menggunakan kacamata akan menegangkan mata anda dan membuatnya lelah bukannya mengistirahatkannya. Bagaimanapun, hal tersebut tidak akan memperburuk penglihatan anda atau menyebabkan penyakit mata.

Mitos: Bekerja di depan layar komputer seharian penuh adalah tidak baik untuk mata.
Fakta: Menggunakan komputer tidak akan merusak mata anda. Bagaimanapun, melihat layar monitor seharian dapat menyebabkan mata tegang dan mata lelah. Orang-orang yang bekerja di depan layar monitor dalam waktu yang panjang cenderung tidak berkedip sesering yang biasanya, yang mana dapat menyebabkan mata terasa kering dan tidak nyaman. Untuk membantu mencegah mata tegang, atur pencahayaan sehingga tidak membuat silau atau pantulan yang mengganggu pada layar monitor, istirahatkan mata Anda sebentar setiap 20 menit, dan aturlah untuk tetap berkedip secara teratur sehingga mata anda tetap basah.


Sumber: Healthbeat Newsletter, 4 June 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.






No comments:

Post a Comment