Saturday 7 March 2015

Sakit Sendi... Apakah ini Osteoarthritis?



Sumber gambar: http://www.healthji.com/health-center/osteoarthritis

Lutut Anda menderita sakit dari waktu ke waktu? atau mungkin jari-jari anda tidak segesit seperti biasanya? Apakah ini osteoarthritis?
Osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan, jaringan fleksibel yang melapisi sendi, mengalami kerusakan. Sehingga mengakibatkan ruang antara tulang secara bertahap menyempit dan permukaan tulang mengalami perubahan bentuk. Seiring waktu, hal ini akan mengarah ke nyeri dan kerusakan sendi.
Gejala osteoarthritis biasanya timbul setelah beberapa tahun. Tanda pertama yaitu sering mengalami nyeri sendi setelah melakukan aktifitas yang berat atau penggunaan sendi yang berlebihan. Sendi dapat menjadi kaku di pagi hari, tapi kemudian melonggar setelah bergerak beberapa menit. Atau sendi dapat bergerak pelan, tetapi pergerakan menimbulkan bunyi berderak atau bergesek. Beberapa orang mengalami nyeri sendi terus-menerus dan mengganggu tidurnya.
Pengidap osteoarthritis sering mengalami sakit di lebih dari satu sendi. Bagian yang paling sering terjadi yaitu di lutut, pinggul, punggung bawang, leher dan sendi jari-jari.

Lutut. Ketika osteoarthritis mengenai lutut, hasilnya adalah rasa sakit, bengkak dan kekakuan pada sendi. Hal yang tidak nyaman ini setelah periode tidak digunakan dapat berkembang menjadi kesulitan berjalan, memanjat, mandi, dan masuk dan keluar kamar tidur.

Tangan. Osteoarthritis pada tangan sering dimulai dengan kekakuan dan nyeri pada jari-jari dan di pangkal ibu jari, terutama di pagi hari. Anda pasti akan kesulitan untuk mencubit, dan sendi-sendi jari berderak ketika digerakkan. Penderita osteoarthritis tangan dapat mengalami kesulitan melakukan gerakan-gerakan seperti membuka toples, memutar kunci atau mengetik.

Pinggul dan tulang belakang. Ketika osteoarthritis mengenai pinggul, nyeri dapat anda rasakan di selangkangan, turun ke paha dalam, atau bahkan sampai lutut. Osteoarthritis di tulang belakang leher (di leher) dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan lengan. Ketika osteoarthritis mengenai tulang punggung bagian bawah, nyeri dapat menyebar sampai ke bokong atau kaki.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 5 March 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


No comments:

Post a Comment