Sunday 26 June 2016

Tinjau kembali mengenai makanan dan minuman Anda: Pilihan-pilihan yang dapat meningkatkan resiko diabetes

 Sumber gambar: http://www.myhealthylivingcoach.com/raw-food-diet-may-reverse-or-eliminate-diabetes/

Jika seseorang yang Anda kenal telah didiagnosa mengidap diabetes tipe 2, Anda mungkin akan berpikir bagaimana menurunkan resiko tersebut terjadi pada Anda. Beruntung, penelitian berganda menunjukkan bahwa pilihan pola makan sehat yang dapat menolong teman atau pasangan Anda untuk mengontrol diabetesnya juga dapat memberikan manfaat yang sama buat Anda. Hubungan yang tepat antara mengkonsumsi makanan tertentu dan resiko timbulnya diabetes masih menjadi suatu kontroversial. Tetapi studi menemukan hasil yang konsisten dengan yang para ahli anjurkan untuk  pola makan sehat pada orang dewasa.
Jadi, jika Anda tertarik untuk menurunkan resiko mengidap diabetes tipe 2, tidak akan menyakitkan untuk Anda mencoba mengkonsumsi makanan dan zat gizi yang dapat membantu menurunkan resiko tersebut - dan menghindari hal yang sebaliknya.

Menurunkan Resiko

Serat pangan. Pria dan wanita yang mengkonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh menurunkan resiko diabetes sampai 40% dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit. Serat dari serealia, roti gandum, dan biji-bijian kelihatannya memiliki banyak manfaat.
Kopi. Sejumlah manfaat kesehatan dari meminum 2 cangkir kopi per hari semakin bertambah. Salah satunya yaitu menurunkan resiko timbulnya diabetes.

Kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan sedikitnya 5 kali dalam seminggu dihubungkan dengan menurunnya resiko terjadinya diabetes dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi. Tetapi tetap dijaga porsinya dalam jumlah yang kecil - kacang-kacangan mengandung banyak kalori.


Meningkatkan Resiko 

Minuman bergula. Wanita yang mengkonsumsi 2 atau lebih minuman soft drink yang mengandung gula per hari memiliki resiko 24%  lebih tinggi untuk terbentuknya diabetes, dibandingkan dengan wanita yang hanya meminum kurang dari 1 minuman dalam sebulan. Dua atau lebih minuman buah yang dikonsumsi setiap hari (yang mengandung sedikit, jika ada, jus buah asli) memiliki resiko 31% lebih tinggi.
Daging. Wanita yang mengkonsumsi daging merah (sekitar satu sajian per hari) memiliki resiko diabetes sekitar 20% dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sedikit (sekitar 1 sajian per minggu). Dan pria yang mengkonsumsi makanan proses seperti hot dog, bacon, dan makan siang dengan dahing selama 5 hari dalam seminggu memiliki resiko hampir 2 kali angka sebelumnya untuk timbulnya diabetes dibandingkan dengan  pria yang hanya mengkonsumsi makanan tersebut dua kali dalam sebulan.
Lemak trans. Lemak trans telah dikaitkan dengan resiko tinggi terbentuk diabetes dan penyakit jantung. Satu studi yang didokumentasikan menyebutkan bahwa ada resiko sebanyak 30% pada wanita yang mengkonsumsi lemak trans, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 27 February 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.





No comments:

Post a Comment