Wednesday 20 January 2016

Ingin Hidup Lebih Lama dan Lebih Baik? Lakukan Latihan Kekuatan

http://cms.bbcomcdn.com/fun/images/2014/strength-training-for-fat-loss_05.jpg



 Sumber gambar: http://www.bodybuilding.com/fun/strength_train_fat_loss.htm

Aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur akan menjadikan tubuh sehat, mengurangi resiko terjadinya penyakit, dan membantu Anda untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Bagi kebanyakan kita, berolahraga yaitu berjalan kaki, joging, menggunakan treadmill, atau aktifitas lainnya yang memompa jantung kita.
Tetapi latihan pembentukan kekuatan sering diabaikan. Setelah Anda mencapai usia 50 tahun-an dan seterusnya, latihan kekuatan (atau resistensi) merupakan latihan yang sangat penting untuk menjaga kemampuan melakukan kegiatan sehari-hari - dan untuk menjaga gaya hidup aktif dan dan tidak bergantung.
Rata-rata orang yang berusia 30 tahun akan kehilangan sekitar seperempat kekuatan otot pada umur . "Hanya dengan melakukan latihan aerobik tidaklah memadai" kara Dr. Robert Schreiber, Dokter Kepala di Hebrew SeniorLife dan Instruktur kedokteran di Harvard Medical School. "Kecuali Anda melakukan latihan kekuatan, Anda akan menjadi lebih lemah dan kurang berfungsi."

Apa itu Latihan Kekuatan (Strength Training)
Latihan kekuatan mencakup salah satu dari latihan berikut:
  • Latihan beban (free weight), seperti barbel dan dumbel.
  • Latihan menggunakan ancle cuff & vest yang memiliki jenis beban yang bervariasi.
  • Latihan menggunakan resistance (elastic) band yang memiliki variasi panjang dan ketegangan yang dapat ditarik menggunakan tangan dan kaki.
  • Latihan yang menggunakan berat tubuh untuk menciptakan resistensi terhadap gravitasi.

Seberapa banyak Anda butuhkan latihan kekuatan?
Latihan pembentukan kekuatan bagi pemula membutuhkan waktu paling sedikit 20 menit, dan Anda tidak perlu sampai mendengus, tegang, atau berkeringat seperti tokoh kartun binaraga. Kuncinya yaitu pengembangan program secara menyeluruh, melakukan latihan dengan cara yang benar, dan konsisten. Anda akan mengalami peningkatan kekuatan antara empat sampai delapan minggu.

Memulai Latihan Kekuatan
Membeli peralatan yang diperlukan adalah salah satu pilihan. Satu set dumbel untuk dasar pengenalan beban memiliki harga sekitar USD 50-100. Klub-klub kesehatan menawarkan lebih banyak pilihat peralatan, dan tentu saja Anda harus membayar iuran bulanan. Buku-buku dan video-video dapat membantu Anda untuk beberapa gerakan dasar dan memulai latihan secara rutin. Banyak juga pusat latihan untuk manula dan program untuk orang dewasa menawarkan kelas untuk latihan pembentukan kekuatan.
Bagaimanapun Anda memulainya, lakukan perlahan agar Anda tidak mencederai diri Anda. Diskusikan rencana latihan Anda dengan dokter Anda dan jelaskan tingkat latihan yang Anda harapkan tercapai. Nyeri otot ringan sampai sedang di antara latihan merupakan hal yang normal, tetapi hentikan latihan jika terus berlanjut lebih dari beberapa hari.


Sumber: Healthbeat Newsletter, 08 Januari 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

 

No comments:

Post a Comment