Sunday 3 January 2016

7 Tips Makan Sehat Jika Anda Mengalami Kesulitan Dengan Menghitung Kalori

Stay healthy without the math
Sumber gambar: http://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/1064319/how-to-quit-calorie-counting

Menghitung kalori adalah salah satu cara yang dapat diandalkan untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Tetapi tidaklah selalu mudah jika anda berada di luar dan terdesak dengan waktu - dan banyak kondisi yang menyulitkan (seperti pesta makan malam di rumah teman) yang tidak terlalu memperhatikan kalori yang dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa panduan yang dapat diikuti ketika Anda berada di kondisi dimana sulit menghitung kalori yang Anda konsumsi.

  1. Makanlah makanan yang mengenyangkan dan rendah kalori. Hal ini berarti, sedapat mungkin, makanan dan cemilan yang Anda konsumsi termasuk biji-bijian utuh, seperti beras coklat, roti gandum, dan oatmeal, juga polong-polongan seperti lentil dan lain-lain. Dan jangan lupakan untuk mengisi setengah piring anda dengan buah dan sayuran.
  2. Ketika anda mengkonsumsi daging, hindari bagian berlemak dan kurangi porsinya menjadi setengah. Pilih daging yang tidak berlemak dengan jumlah yang cukup - sekitar 100 atau 110 g per sajian (atau sekitar seukuran telapak tangan anda).
  3. Hindari makanan yang digoreng. Menggoreng makanan akan menambah jumlah lemak dan kalorinya. Jika memasak menggunakan wajan, sebaiknya gunakan wajan anti lengket dengan cara menumis dengan sedikit minyak atau merebusnya dalam kaldu atau wine. Memanggang dengan oven, broiling (memanggang dengan api di atas bahan makanan), atau roasting (dipanggang dengan cara digantung) juga merupakan pilihan yang baik - tidak ada tambahan minyak yang digunakan.
  4. Pilih produk olahan susu yang rendah lemak atau tanpa lemak. Susu, yogurt, dan keju merupakan sumber protein dan kalsium, tetapi jika terbuat dari whole-milk maka produk-produk ini akan mengandung sejumlah lemak.
  5. Hindari makanan siap saji. Hambuger, chicken nugget, french fries, dan makanan cepat saji lainnya cenderung menambah berat badan untuk dua alasan. Pertama, kandungan lemak dan kalorinya tinggi. Kedua, "nilai makanan"nya yang tersedia di restoran cepat saji seringkali terlalu besar dan menggoda Anda untuk makan berlebih.
  6. Hindari cemilan yang berkalori tinggi dan tidak bergizi. Kripik dan jenis cemilan lain yang digoreng mengandung cukup tinggi lemak dan kalori. Tetapi cemilan yang memiliki label "rendah lemak" seringkali mengandung kalori yang tinggi karena mengandung sejumlah gula dan karbohidrat.
  7. Perhatikan minuman Anda. Minuman soda biasa, jus buah, dan khususnya minuman beralkohol mengandung tinggi kalori.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 03 Januari 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment