Sunday 27 September 2015

8 Tips Membeli Sepatu yang Baik Untuk Kaki Anda



Picture Source: http://www.chiropractic-help.com/Shin-splints.html

Membeli sepatu yang tepat adalah sebuah investasi bagi kesehatan kaki Anda. Tetapi bagaimanakah anda menemukan sepatu yang sesuai dan memenuhi syarat pendukung?

Mulailah dengan kaki anda, dan lihatlah apa yang sudah tersedia di rak sepatu anda. Berdirilah tanpa menggunakan alat kaki diatas kertas atau karton, dan gambarlah bentuk kaki anda. Sekarang ambil sepatu anda, satu per satu, dan letakkan diatas gambar pola tadi. Jika anda seperti kebanyakan orang, sepatu nyaman anda cocok dengan pola kaki anda yang anda gambarkan tadi.

Identifikasi sepatu yang membuat kaki anda sakit. Jika anda wanita, umumnya berasal dari sepatu yang ujungnya sempit atau hak tinggi. Periksa untuk melihat apakah ujung sepatu lebih sempit atau lebih pendek dari jari-jari kaki anda sendiri.

Jika anda sudah siap untuk mengganti sepatu anda yang tidak nyaman, tips-tips berikut mungkin dapat membantu:
  1. Tunggulah sampai sore hari untuk berbelanja membeli sepatu - kaki anda secara alami akan melebar selama anda beraktifitas seharian dan dapat mengembang karena cuaca yang panas.
  2. Gunakan jenis kaos kaki yang sama yang anda akan gunakan bersama sepatu tersebut.
  3. Mintalah bantuan penjual sepatu untuk mengukur kedua kaki anda - dan lakukan pengukuran setiap kali anda akan membeli sepatu baru. Jika salah satu kaki anda lebih besar atau lebih lebar dari yang satunya, belilah ukuran yang cocok dengan ukuran kaki terbesar.
  4. Berdirilah dengan mengenakan sepatu tersebut. Pastikan paling tidak ada ada jarak sekitar seperempat sampai setengah inchi dari ujung jari terpanjang dan bagian belakang sepatu.
  5. Berjalan berkeliling untuk merasakan sepatunya. Apakah ada ruang yang cukup di persendian jari? Apakah tumitnya pas, atau apakah tumitnya terasa sakit atau terlalu longgar? Jangan berkesimpulan bahwa sepatu memerlukan perbaikan atau akan pas seiring waktu. Temukan sepatu yang pas mulai dari saat membeli.
  6. Percayakan pada tingkat kenyamanan yang anda rasakan dibanding melihat ukuran sepatu atau deskripsinya. Ukuran sepatu bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Dan jangan terlalu percaya dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh iklan, Anda adalah penentu yang sebenarnya.
  7. Rasakan bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada tag, jahitan atau bahan lain yang mungkin mengganggu kaki Anda dan menyebabkan lecet.
  8. Balik sepatu dan perhatikan bagian solnya. Apakah cukup kuat untuk memberikan perlindungan terhadap benda tajam? Apakah tersedia bantalan yang cukup? Juga, lakukan tes sol pada saat anda mencobanya di toko: apakah sol memberikan tahanan yang cukup terhadap benturan? Cobalah untuk berjalan di atas permukaan yang keras dan karpet untuk mengetahui apa yang dirasakan dengan sepatu tersebut.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 24 September 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


No comments:

Post a Comment