Thursday 18 December 2014

Tips-tips Agar Ingatan Anda Tetap Berfungsi Optimal

Sumber gambar: http://www.viandaliving.com/health/5-ways-improve-memory/

Seiring dengan pertambahan usia anda, apakah anda pernah memperhatikan bahwa anda sering berkeliling rumah dengan gusar untuk menemukan kunci mobil atau kacamata yang salah tempat, atau mungkin anda tidak dapat mengingat nama tetangga baru anda ketika bersua di jalan? Benar-benar membuat frustasi, tetapi untuk mematikan tapi tidak mengelakkan juga, ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membanti menjaga ingatan anda tetap tajam.
"Kebanyakan orang menjadi sedikit pelupa seiring pertambahan umur, tetapi ada beberapa hal yang sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah kehilangan ingatan dan membantu otak anda untuk belajar dan mengingat lebih baik" kata Dr. Anne Fabiny, Kepala Geriatri di Cambridge Health Alliance dan Asisten Profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Tips-tips untuk menguatkan ingatan
Dr Fabiny menyarankan untuk mengikuti tips dan trik berikut:

  • Mengikuti rutinitas/kebiasaan, seperti meletakkan kunci mobil, kacamata, dan ponsel di tempat yang sama setiap hari, sehingga lebih mudah menemukan tanpa bantuan otak.
  • Perlahan dan perhatikan pada apa yang anda lakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi sistem memori otak anda untuk menciptakan memori abadi (mengingat lebih lama).
  • Hindari multitasking dan gangguan atau lingkungan yang berisik, yang merupakan dua hal utama pengganggu ingatan di masyarakat yang serba cepat saat ini.
  • Cukupi tidur anda, kurangi stres dan konsultasikan dengan dokter untuk melihat apakah obat yang anda konsumi dapat mempengaruhi ingatan anda - ketiga hal ini merupakan perusak ingatan.


Apakah kelupaan atau Alzheimer's?
Khawatir jika lupa ingatan merupakan pertanda penyakit Alzheimer? Hal tersebut belum tentu. Suka atau tidak, ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa kemampuan untuk mempelajari informasi baru dan mengingat sesuatu mungkin sedikit menurun setelah umur 50 tahun. "Anda tidak mengingat sesuatu dalam ingatan anda secepat pada saat umur anda masih muda." kata Dr. Fabiny.
Tetapi "kelupaan" dapat menjadi hal yang serius jika sudah mengganggu tugas dan rutinitas anda sehari-hari, seperti menjaga kesehatan dan finansial anda.


Sumber: Healthbeat Newsletter, 11 December 2014. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.






No comments:

Post a Comment