Sunday 6 April 2014

Benda yang bermanfaat: Benda-benda Ini Dapat Membantu Anda Untuk Menguatkan "Core" Anda.



Sumber gambar: https://www.exercise.com/exercise/bosu-mountain-climbers

Sebenarnya anda tidak perlu mengeluarkan uang satu sen pun untuk mendapatkan latihan "core" yang baik. Latihan standing core dan floor core cukup dengan mengandalkan berat badan saja, dan dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana yang ada di sekitar anda, Anda pun dapat melakukan berbagai variasi dan meningkatkan latihan anda. Untuk memulainya, pertimbangkan terlebih dahulu untuk membeli peralatan spesifik yang anda butuhkan untuk jenis latihan yang anda ingin lakukan. Jika anda termasuk anggota di salah satu pusat kebugaran, anda dapat juga menggunakan fasilitas yang tersedia di tempat tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis peralatan yang dapat and gunakan untuk latihan memperkuat core anda:
  • Kursi. Pilihlah kursi yang kokoh yang tidak akan terbalik dengan mudah. Kursi kayu yang kuat tanpa sandaran lengan atau bantalan merupakan pilihan yang baik.
  • Matras. Gunakan matras yang antiselip. Matras yoga adalah salah satu pilihannya. Karpet yang tebal atau handuk dapat anda gunakan jika matras tidak tersedia.
  • Tali yoga/yoga strap. Terbuat dari katun atau tali nilon non-elastis yang berukuran 2 meter atau lebih dapat membantu memperbaiki posisi anda ketika melakukan beberapa gerakan peregangan, atau saat melakukan beberapa jenis gerakan perengangan yang sederhana. Pilihlah tali yoga yang memiliki cincin-D atau gesper pengikat di salah satu ujungnya. Hal ini dapat membantu untuk membuat simpul di kaki untuk melakukan gerakan tertentu.
  • Bola medisin/Medicine ball. Ukurannya mirip dengan bola sepak bola atau bola basket, dengan ukuran berat yang bervariasi. Beberapa jenis memiliki pegangan. Bola medisin yang memiliki berat 2 - 3 kg merupakan pilihan awal yang baik untuk kebanyakan orang.
  • Bosu. Bosu adalah sejenis bola setengah lingkaran dengan bantalan karet berat di sisin bagian bawahnya untuk menahan agar tidak mudah bergeser.
Sumber: HealthBeat Newsletter, 29 March 2014, Harvard Medical School. Trusted Advice for Healthier Life. Harvard University 

No comments:

Post a Comment