Saturday 17 August 2013

Berhitung Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan



Nikmatnya makan sebuah batangan permen hanya berlangsung beberapa menit saja. Tetapi untuk membakar kalorinya dapat berlangsung kurang lebih 3/4 jam atau 45 menit.
Untuk menurunkan berat sebanyak 1 lb (atau sekitar 0,45 kg) dengan cara berolahraga maka dibutuhkan sekitar 3500 kkal. Hal ini dapat dicapai dengan latihan moderate selama berhari-hari. Cara yang lebih baik untuk menurunkan berat ada yaitu dengan melibatkan dua pendekatan yaitu berolahraga dan mengurangi kalori yang masuk.
Meskipun olahraga itu sendiri bukanlah cara yang cepat untuk menurunkan berat badan, akan tetapi dengan berolahraga dapat memberikan manfaat-manfaat yang penting lebih dari hanya sekedar membakar kalori. Olahraga dapat sedikit meningkatkan metabolisme pembakaran kalori meskipun kita tidak sedang berolahraga. Dan jumlah berat badan yang hilang melalui terjadiny peningkatan tingkat aktifitas hampir seluruhnya berasal dari lemak, bukan otot.


Mari Berhitung
Mulailah berhitung dari angka berikut yaitu 3500. Ini adalah kalori yang disimpan dalam 1 lb lemak tubuh. Dengan angka ini maka Anda dapat menghitung sampai berapa banyak berat badan Anda dapat turun dengan berolahraga, mengurangi asupan kalori atau melakukan kedua hal tersebut bersamaan.
  1. Berjalan atau jogging akan menggunakan sekitar 100 kkal/mil (1 mile = 1,6 km).  Berapa banyak kalori tepatnya yang akan terbakar tergantung pada beberapa hal, termasuk berat badan dan seberapa cepat Anda berjalan. Jadi, Anda akan kehilangan 1 lb untuk setiap berjalan sepanjang 35 mil - dengan catatan Anda harus menjaga asupan makanan dan aktifitas lain konstan.
  2. Jika Anda berjalan cepat (pada kecepatan 4 mil per jam) selama 30 menit pada 5 hari dalam seminggu, maka Anda akan berjalan sepanjang 10 mil dalam seminggu. Ini berarti akan mengambil waktu selama 3,5 minggu untuk menurunkan 1 lb berat badan jika jumlah kalori yang masuk tetap sama.
  3. Jika Anda mengubah diet dan mengurangi asupan kalori sebanyak 250 kkal per hari (contohnya 1/2 cup es krim atau 2 porsi minuman soda bergula), maka Anda akan kehilangan berat badan 1 lb dalam 2 minggu.
  4. Dengan mengurangi asupan kalori sebanyak 250 kkal dan berjalan selama 30 menit setiap hari, maka hanya dalam waktu seminggu lebih Anda dapat mengurangi berat badan sebanyak 1 lb. Mengurangi asupan kalori dan berolahraga akan mempercepat proses penurunan berat badan.
Sumber: Healthbeat Newsletter, July 27, 2013, Harvard Medical School, Harvard University.

No comments:

Post a Comment