Sunday 14 July 2013

Masak Sehat di Muscledome Get Fit Challenge 2013


Tanggal 6 Juli 2013 kemarin saya diundang untuk mengisi acara talk show dan demo masak sehat yang merupakan salah satu rangkaian acara Muscledome Get Fit Challenge 2013. Acara ini dilaksanakan di Muscledome Fitness and Gym yang beralamatkan di Jl. CBD Blok J2 Bintaro Jaya Sektor 9, Bintaro, Tangerang Selatan. Acara ini bertujuan selain untuk kesehatan juga untuk menjalin hubungan silahturahmi antar anggota dan staf dari Muscledome. Muscledome Fitness and Gym adalah pusat kebugaran yang didirikan oleh Dani Kristanto dan Michael J. Miting pada 4 Agustus 2003. Selain dilengkapi dengan peralatan untuk weight training dan cardio yang cukup lengkap, pusat kebugaran ini juga menawarkan pilihan berbagai kelas seperti High Impact, Yoga, Body Language, Mix BL, Body Blitz, Step, dan Aerodance. Sampai sekarang tercatat anggota aktif sebanyak sekitar 250-280 orang.

Kembali ke acara talk show dan demo masak sehat. Untuk hidup sehat, olahraga saja tidaklah cukup, konsumsi makanan sehat pun harus diperhatikan. Banyak yang berkomentar kalau makanan sehat itu cukup repot dan sulit dalam pengolahannya. Pada talk show kali ini, saya berbagi tentang konsep masak sehat yang terdiri dari 3 syarat yaitu nutritious, tasty, dan in a right amount. Makanan sehat harus memberikan gizi yang cukup, citarasa yang membangkitkan selera makan dan dalam jumlah yang cukup. Memasak sehat tidaklah begitu sulit asalkan kita mengetahui :
  1. Jenis bahan makanan yang akan diolah, hal ini berkaitan dengan jumlah bahan dan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Hal yang perlu diketahui yaitu apa sajakah sumber karbohdrat, protein dan lemak yang baik, vitamin dan mineral.
  2. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam pengolahan makanan agar menjadikan makanan sehat kita menjadi lebih enak. Bumbu-bumbu alami tidak menambah kalori makanan secara signifikan. Penggunaan bumbu dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi penggunaan garam.
  3. Cara mengolahnya. Pilih cara mengolah makanan yang menyehatkan seperti dengan raw food atau minimal processing, mengukus, merebus, memanggang, grilling (bakar), atau menumis.

Nah, itulah sedikit mengenai konsep masak sehat. Demo masak sehat kali ini terdiri dari dua menu yaitu tumis ayam bumbu rempah dan fiber bar. Pada artikel kali ini saya akan berbagi resep pertama yaitu tumis ayam bumbu rempah. Resep sehat ini sudah pernah saya demokan pada acara Bogor Organic Fair 3. Nah jika ingin mendapatkan resepnya membuatnya dapat langsung klik di link berikut ini http://arieftng.blogspot.com/2013/07/healthy-cooking-demo-at-bogor-organic.html

Untuk resep kedua akan saya bagikan pada artikel selanjutnya. Nah, demikianlah sedikit pembahasan tentang konsep masak sehat. Masak sehat adalah bagian dari pola hidup sehat selain kita juga harus meluangkan waktu untuk berolahraga dan istirahat yang cukup. Bagi yang bertempat tinggal di sekitar daerah Bintaro, mungkin bisa mencoba untuk memulai berolahraga di MUSCLEDOME FITNESS & GYM. Salam sehat!! :)



No comments:

Post a Comment