Friday 31 May 2013

Healthy Cooking Class IV: Diabetes Prevention - The Report





Pada tanggal 18 Mei 2013 kemarin telah dilaksanakan kembali Healthy Cooking Class (HCC) yang bertempat di De Chef Culinary Center Bogor. HCC ke-4 yang mengambil tema “Diabetes Prevention” diisi dengan pembahasan mengenai gizi makanan, teknik mengolah makanan yang sehat, penerapan pola makan sehat, menghitung kalori makanan, dan sesuai dengan tema utamanya dibahas juga mengenai diabetes serta cara pencegahannya.
Dan seperti biasa, acara yang paling ditunggu peserta yaitu healthy cooking dimana para peserta dapat mengolah/membuat masakan sehat. Makanan sehat yang dipraktekkan kali ini tetap bertema nutritious and easy made, yaitu Whole Wheat Spaghetti with sardines sauce and cheese, chicken greeny salad, dan home made oatmeal bread.

Tema “diabetes prevention” yang dipilih memang diambil karena cukup tingginya angka penderita diabetes di Indonesia. Data yang diperoleh dari Atlas IDF (2010) ternyata Indonesia menduduki peringkat pertama di negara-negara ASEAN dalam hal jumlah penderita diabetes. Ada sekitar 6.963.500 orang yang terkena diabetes yang berusia antara 20-79 tahun pada tahun 2010, disusul Thailand di peringkat kedua dan Philipina di peringkat ketiga. 
Dari data tersebut juga diperoleh prediksi jumlah penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi 11.980.000 orang atau meningkat sebanyak hampir 2 kali lipatnya jika tidak ada tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat.  

Diabetes atau sering disebut juga diabetes mellitus adalah sekelompok penyakit metabolik yang diderita oleh seseorang, dimana kadar gula darah pada orang tersebut tinggi yang dapat disebabkan karena pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau karena sel-sel tubuh tidak merespon insulin. Selain disebabkan oleh karena faktor keturunan (diabetes tipe 1), penyakit ini juga sering disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Penyakit diabetes adalah penyakit yang harus diwaspadai karena sekali kita mengidap penyakit ini maka akan kita bawa seumur hidup. Sehingga akan lebih baik untuk kita melakukan pencegahan sebelum terlambat.

Yuk, berikut kita dengarkan pendapat dari salah satu peserta HCC ke-4 yaitu Ivon yang adalah seorang happy eating practitioner.
“I love this class! Di kelas selain saya belajar cooking healthy food, saya juga dapat pengetahuan tentang pola akan sehat. Ternyata diet saya selama ini salah, dan serunya lagi saat masak, waaaah!! So easy, so fresh, so healthy, and i can do it at home. Healthy food is not costly, and it’s easy to make hehehehe kelas lainnya mau ikutan hahahaha. Soal rasa, saya malah bingung, ini healthy food kok enaknya melebihi junk foof, kenapa ngak dari dulu aja saya makannya begini. Sekarang ngak ada lagi pikiran healthy food is not yummy, healthy food is super yummy. Oya , saya ngak perlu garam micin sebanyak-banyaknya lagi loh buah bikin makanan gurih. Hahahaha. ”

Dalam HCC ke-4 ini, peserta mendapatkan presentasi yang spesial dari Devieni yaitu mengenai teh, jenis-jenis dan manfaatnya buat kesehatan terutama untuk diabetes. Tidak hanya itu saja, ada juga demo tentang bagaimana cara menyeduh teh yang tepat dan cara meminum teh untuk mendapatkan kenikmatannya. Sangat menyenangkan buat peserta.
HCC ke-4 ini dapat terselenggara dengan adanya dukungan dari De Chef Culinary Center, Healthy Bites Oatmeal Cookies, Duniafitnes.com, Devieni Premium Rice, Coffee and Tea, dan Sportindo Magazine. Sampai jumpa di Healthy Cooking Class ke-5 dengan tema yang berbeda.

This article  also can be seen at http://duniafitnes.com/news/healthy-cooking-class-iv-diabetes-prevention.html


No comments:

Post a Comment