Sunday 13 November 2016

4 Cara Makan Untuk Menurunkan Kolesterol Anda


Sumber gambar: http://swimpoll.altervista.org/diet-to-lower-cholesterol.html

Banyak orang dapat menurunkan kadar kolesterolnya hanya dengan mengubah apa yang mereka makan. Contohnya, jika Anda penggemar burger keju, makan lebih sedikit daging (dan daging yang rendah lemak) dan lebih banyak sayuran, buahan, dan biji-bijian utuh dapat menurunkan kolesterol total sampai 25% atau lebih. Mengurangi konsumsi asam lemak jenuh (yang ada pada daging dan produk olahan susu) dan asam lemal trans (lemak yang terhidrogenasi sebagian) dapat mengurangi kolesterol sebanyak 5-10%.
Berikut adalah empat langkah dalam diet untuk menurunkan kolesterol Anda.
  1. Gunakan asam lemak tak jenuh dan hindari asam lemak jenuh dan lemak trans. Sebagian besar minyak nabati tersusun dari lemak tak jenuh yang baik untuk jantung Anda. Makanan yang mengandung lemak sehat antara lain ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan beberapa jenis sayuran. Pada waktu yang bersamaan, batasi konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh yang tinggi, yang banyak ditemukan pada daging dan produk olahan susu, dan hindari konsumsi asam lemak trans. Ini termasuk semua makanan yang dibuat menggunakan minyak nabati yang terhidrogenasi sebagian (partially hydrogenated vegetable oils).
  2. Siapkan lebih banyak serat larut. Konsumsi lebih banyak serat larut air, seperti yang terdapat pada oatmel dan buah-buahan. Serat pangan jenis ini dapat menurunkan level kolesterol darah jika Anda menjadikannya sebagai bagian dari diet sehat Anda.
  3. Masukkan fitosterol dan fitostanol dalam diet Anda. Kedua senyawa alami ini terdapat dalam bahan tanaman yang memiliki bentuk struktur kimia yang mirip dengan kolesterol. Ketika Anda mengkonsumsinya, senyawa-senyawa ini akan membatasi jumlah kolesterol yang diserap tubuh. Fitosterol dan fitostanol dapat ditemukan pada olahan makanan seperti bahan olesan, jus, dan yogurt.
  4. Cari bentuk diet yang dapat berhasil untuk tubuh Anda. Ketika teman atau saudara Anda memberitahukan kepada Anda bagaimana kolesterol mereka dapat turun setelah mencoba suatu jenis diet, Anda mungkin akan terpengaruh untuk mencobanya. Jika Anda melakukannya dan setelah beberapa bulan ternyata tidak memberikan hasil yang sama, Anda mungkin perlu melihat mengenai perbedaan genetik dan fisiologis. Tidak ada satu bentuk diet yang benar-benar tepat untuk mengontrol kolesterol. Anda mungkin membutuhkan beberapa pendekatan untuk menemukan diet yang tepat untuk Anda.
Meskipun diet dapat menjadi hal yang sederhana dan kuat untuk memperbaiki kadar kolesterol Anda, hal tersebut memiliki peran besar untuk beberapa orang dibandingkan dengan yang lain. Jangan berkecil hati jika Anda sudah mengikuti salah satu jenis diet tetapi tidak mendapat tujuan yang Anda inginkan. Teruskan. Bahkan jika Anda sampai harus dengan jalan mengkonsumsi obat untuk mengontrol kolesterol Anda, yang mungkin hanya membutuhkan lebih sedikit obat ketimbang Anda tidak merubah pola makan Anda sama sekali.


Sumber: Healthbeat Newsletter, 01 April 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment