Saturday 13 August 2016

Proses Penuaan Yang Sehat: 10 Tips untuk Tidur Lebih Baik

Sumber gambar: http://www.medicaldaily.com/people-sleep-disorders-higher-risk-heart-attack-stroke-338198

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang penting untuk tetap sehat dan menjalani proses kehidupan. Beberapa masalah tidur seperti sleep apnea membutuhkan pengobatan. Tetapi 10 langkah berikut dapat membantu anda untuk mengatasi masalah tidur yang umum termasuk insomnia.

  1. Tetap berpegang pada jadwal tidur yang konsisten dan tetap. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Rutinitas tidur akan "melatih" Anda untuk tertidur dan bangun lebih mudah.
  2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan berhubungan seksual.
  3. Kurangi konsumsi kafein. Untuk beberapa orang, satu cangkir kopi di pagi hari dapat membuatnya tidak tidur pada malam hari. Kafein dapat juga meningkatkan buang air kecil di malam hari.
  4. Aktiflah secara fisik. Latihan erobik yang regular seperti berjalan kaki, lari, atau berenang dapat memberikan tiga manfaat tidur yang penting: Anda akan tertidur lebih cepat, mendapat persentase tidur nyenyak yag lebih tinggi, dan tidak sering terbangun di malam hari.
  5. Batasi tidur di siang hari. Tidur siang yang berkepanjangan dapat mengganggu siklus tidur alami Anda dan mencegah Anda dari perasaan lelah untuk dapat tertidur.
  6. Jika anda merokok, berhentilah. Nikotin dapat membuat anda sulit tertidur.
  7. Gunakan alkohol berhati-hati. Alkohol menekan sistem saraf, sehingga minum sejumlah minuman beralkohol dapat menyebabkan beberapa orang jatuh tertidur. Tapi efek ini menghilag setelah beberapa jam dan bahkan dapat menyebabkan bangun sepanjang malam. Alkohol dapat juga memperburuk mendengkur dan masalah pernapasan tidur lainnya.
  8. Memperbaiki lingkungan tempat anda tidur. Pindahkan televisi, telepon, dan perangkat lain dari kamar tidur. Ini untuk mempertegas jika ruangan ini hanya diperuntukkan untuk tidur. Suasana yang ideal yaitu tenang, gelap dan relatif dingin, dengan tempat tidur yang nyaman dan tidak berantakan.
  9. Jika Anda masih belum bisa tidur selama 20 menit di tempat tidur, bangun dan membacalah sejenak hingga anda relaks. Jika tidak, Anda akan membuat diri Anda gelisah (tossing dan turning).
  10. Hindari mengkonsumsi pil tidur. Jika Anda mengambil obat tidur, konsultasikanlah dengan dokter anda sehingga dapat menggunakannya secara efektif dan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 12 March 2016. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.









No comments:

Post a Comment