Wednesday 15 April 2015

Mengontrol Berat Badan Anda Adalah Kunci untuk Menurunkan Resiko Strok

Sumber gambar: https://www.healthsourcechiro.com/contents.aspx?id=Living-Well-Weight-Control


Ada banyak cara yang anda dapat lakukan untuk memperkecil resiko terkena stroke. Bahkan jika anda sudah pernah terkena stroke atau TIA (Transient Ischemic Attack - mini stroke), anda masih dapat mengambil langkah untuk mencegah stroke muncul lagi.
Mengontrol berat badan anda adalah cara yang penting untuk menurunkan resiko terkena stroke. Kelebihan berat badan akan menekan seluruh sistem sirkulasi dan dapat mengarah ke berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan gangguan tidur apnea. Tetapi dengan menurunkan berat badan sebanyak 5-10% dari berat awal dapat menurunkan tekanan darah dan faktor-faktor resiko stroke yang lain.
Tentu saja, anda harus selalu menjaga berat badan, tidak hanya pada saat sedag diet saja. Tips berikut dapat mebantu anda untuk menurunkan berat badan anda dan mencegahnya naik kembali.

Bergerak lebih banyak. Berolahraga adalah satu-satunya cara untuk membakar kalori. Tetapi cara lain yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan aktifitas sehari-hari anda seperti berjalan, aktif bergerak, berjalan-jalan ketika sedang menerima telpon, dan memilih tangga dibanding tangga berjalan.

Menghindari minuman berkalori. Soda, latte, minuman olahraga, minuman energi, dan jus buah bahkan dibuat dengan kalori yang berlebih. Parahnya lagi, tubuh anda tidak mempunyai mekanisme yang mengatur seberapa banyak minuman tersebut memenuhi kebutuhan tubuh anda atau setidak memberitahu tubuh anda untuk berhenti, Sebaliknya, cobalah mengkonsumsi kopi atau teh tanpa gula, atau air soda yang diberi sepotong lemon atau jeruk nipis, daun mint, atau beberapa raspberry.

Lebih banyak mengkonsumsi makanan utuh. Jika ada mengkonsumsi banyak makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh maka anda telah mengkonsumsi makanan yang lama untuk dicerna. Ditambah juga, makanan utuh mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat pangan serta rendah sodium yang mana baik untuk tekanan darah anda.

Cari cemilan yang menyehatkan. Waktu ngemil adalah waktu dimana banyak orang yang melewatkannya, akan tetapi anda tidak perlu melewatkan waktu ngemil selama cemilan anda sehat. Cobalah wortel manis sebagai penganti dari cemilan seperti kerupuk atau keripik kentang, atau popcorn (selama tidak menggunakan campuran mentega dan garam, dan campurkan bumbu favorit anda). Untuk mendapat campuran karbohidrat dan protein yang memuaskan, cobalah mencampur sedikit biji bunga matahari dengan irisan apel.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 9 April 2015. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment