Sunday 9 November 2014

3 Perubahan pada Diet Anda untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Sumber gambar: http://www.hearthealthyonline.com/cholesterol/

Jika anda mengidap tinggi kolesterol (240 mg/dl darah atau lebih dari itu), segera ambil langkah untuk menurunkannya untuk memperkecil resiko anda untuk terkena serangan jantung. Setiap penurunan kolesterol seanyak 10%, dapat menurunkan resiko serangan jantung sebesar 20-30%

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, seperti menurunkan berat badan, lebih aktif bergerak, dan memilih makanan yang lebih sehat. Berikut ada 3 langkah sederhana dalam diet untuk menurunkan kolesterol tubuh:

  • Memilih lemak yang sehat. Hindari lemak jenuh yang melebihi batas yang direkomendasi karena dapat meningkatkan LDL darah, hindari lemak trans yang dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL darah, ganti dengan lemak yang lebih sehat lemak tak jenuh yang dapat ditemukan pada ikan, biji-bijian dan minyak nabati.
  • Konsumsi biji-bijian utuh. Roti, pasta, dan sereal yang terbuat dari biji-bijian utuh dapat membantu mencegah kadar gula darah naik turun seperti roller coaster dan membantu anda merasa kenyang lebih lama. Makanan dari biji-bijian utuh mengandung sejumlah serat pangan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL darah.
  • Memilih makanan yang lebih sehat. Makan lebih banyak buah dan sayuran. Idealnya, ganti makanan olahan dan manisan Anda dengan buah dan sayuran. Pilihlah susu rendah lemak sebagai ganti susu full cream. Pilihlnya yogurt rendah lemak dan pilihlah yang tidak ditambahkan gula.

Jika perubahan gaya hidup masih tetap tidak merubah kadar kolesterol tubuh anda, konsultasikan dengan dokter apabila obat penurun kolesterol dapat anda konsumsi.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 8 November 2014. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.

No comments:

Post a Comment