Saturday 7 June 2014

5 Cara untuk Menguatkan Tulang Lebih Awal

Sumber gambar: http://www.dancetrain.com.au/article/bodywise-boys%E2%80%99-injuries

Cara terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang dini - selama dua dekade pertama kehidupan - adalah ketika anda dapat membuat massa tulang anda mencapai puncaknya dengan cukup mendapatkan kalsium dan vitamin D serta melakukan latihan penguatan tulang secara teratur. Jika anda memiliki usia lebih dari 20 tahun, tidak perlu berkecil hati. Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan tulang anda.
Jika anda seorang pria berumur lebih dari 65 tahun atau wanita pre-menopause, berikut ada 5 cara yang dapat membantu anda untuk menjaga tulang anda dari terjadinya osteoporosis.

  1. Awasi diet anda. Cukupkan kebutuhan kalsium dan vitamin D, idealnya penuhi zat makanan tersebut dari makanan yang anda konsumsi. Meskipun produk olahan susu dapat menjadi salah satu makanan sumber kalsium, jenis makanan lain pun seperti jus jeruk, yang difortifikasi dengan kalsium. Buah, sayuran dan biji-bijian menyuplai mineral lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, seperti magnesium dan fosfor.
  2. Jaga berat tubuh anda di batas yang wajar. Hal ini penting, khususnya buat wanita. Masa menstruasi sering berhenti pada wanita yang kurus (underweight) - karena diet yang buruk atau olahraga yang berlebihan - dan itu berarti tingkat estrogen dalam tubuhnya terlalu rendah untuk mendukung pertumbuhan tulang.
  3. Jangan merokok, dan batasi konsumsi alkohol. Merokok dan terlalu banyak minum minuman beralkohol keduanya dapat mengurangi massa tulang.
  4. Pastikan bahwa olahraga anda sudah termasuk latihan menahan beban (weight-bearing exercises). Latihan menahan beban secara teratur seperti berjalan, menari, atau aerobik dapat melindungi tulang Anda. Juga termasuk latihan kekuatan sebagai bagian dari latihan rutin anda.
  5. Konsultasikan ke dokter tentang resiko-resiko yang dapat terjadi. Kondisi medis tertentu (seperti penyakit celiac) dan beberapa obat-obatan (steroid dan lain-lain) dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya osteoporosis. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membuat strategi pencegahan osteoporosis yang disebabkan hal-hal tersebut.

Sumber: Healthbeat Newsletter 7 June 2014. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.


2 comments:

  1. Kalau untuk usia 20 ke atas, cara mengatasinya seperti apa??
    Atau samakah??

    Thanks infonya :)

    ReplyDelete
  2. itu penjelasan di atas kan memang untuk usia 20 tahun ke atas.

    ReplyDelete