Wednesday 27 February 2013

Steamed Corn & Oyster Sauce





Sweet corn atau jagung manis memiliki nama latin Zea mays convar. saccharata var. rugosa disebut juga jagung Indian, jagung gula dan jagung panjang.  Jagung ini memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung pada umumnya dan biasanya dikonsumsi sebagai sayur. Jagung ini adalah contoh dari mutasi spontan yang terjadi di alam dan ditanam oleh beberapa suku Indian di Amerika.
Jagung manis dipanen pada tahap belum matang (milk stage) dan masih agak basah, berbeda dengan jagung biasa yang dipanen setelah matang (dent stage) dan kering. Dalam penyimpanan jagung manis tidak bisa disimpan lama, karena akan terjadi perubahan gula menjadi pati dan menjadi keras. Sehingga harus dikonsumsi segar, dikalengkan, atau disimpan dalam pendingin.
Jagung manis mengandung vitamin B1, vitamin B5, vitamin C, folat, fosfor, pangan dan serat pangan. Jagung manis yang dimasak memiliki aktifitas antioksidan yang signifikan yang bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung dan kanker, dibanding dengan jagung manis yang tidak dimasak. Jagung manis yang dimasak akan kehilangan sebagian vitamin C nya, akan tetapi akan mengalami peningkatan asam ferulat dan aktifitas antioksidan total. Asam ferulat mempunyai banyak manfaat dalam tubuh seperti mencegah proses melanogenesis (timbulnya bercak-bercak coklat di kulit) dan melawan kanker.
Selain sebagai antioksidan, kandungan folatnya membantu memelihara kesehatan jantung. Hasil penelitian membuktikan konsumsi fotal mengurangi laju serangan jantung sampai 10%. Untuk perokok, konsumsi jagung manis mengurangi resiko kanker paru-paru sampai 37%. Selain itu konsumsi jagung manis dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan karena kandungan thiamin (B1) yang berperan dalam produksi energy dalam tubuh manusia dan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Vitamin B5 (asam pantotenat) membantu yang merupakan elemen penting jagung manis mempunyai peranan dalam produksi energi pada saat tubuh berada dalam keadaan tertekan (misalnya olahraga berat).

Untuk 12 potong
Bahan
6 tongkol jagung manis (potong dua)
2 sdm minyak zaitun
3 siung bawang putih haluskan
3 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
½ sdt merica bubuk
½ sdt garam
100 ml air
1 sdt maizena
seledri buat taburan

Cara membuat
1.       Kukus jagung manis kurang lebih 45-60 menit. Angkat. Sisihkan
2.       Larutkan maizena ke dalam air. Sisihkan.
3.       Tumis bawang putih sampai harum dengan minyak zaitun.
4.       Masukkan kecap manis, saus tiram, merica, dan garam sambil diaduk rata.
5.       Masukkan campuran maizena dan air. Aduk terus sampai mengental. Angkat.
6.       Letakan jagung diatas piring saji. Siram dengan sausnya. Taburkan potongan seledri.

Nilai gizi per potong
Energi: 58 kkal
Lemak: 2.9 g
Karbohidrat: 6.6 g
Serat: 0.9 g
Protein: 1.4 g

Tips dan saran
1.       Selain seledri, bisa juga ditaburkan parutan keju atau potongan kol.
2.        Sausnya bisa tidak disiram ke jagung tapi menjadi cocolan jagung saat mau dimakan.


No comments:

Post a Comment