Monday 6 January 2020

7 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru Anda Tetap Bertahan


Mungkin Anda berencana untuk memulai tahun 2020 dengan tekad baru untuk berhenti merokok, menurunkan berat badan, berolahraga lebih banyak, tidak memusingkan hal-hal kecil. Dan mungkin resolusi ini terdengar familiar - mungkin persis seperti yang Anda buat setahun yang lalu!

Jadi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa tekad Anda untuk menjadi lebih sehat pada tahun 2020 bertahan di setelah Hari Valentine? Dengan menciptakan kebiasaan baru.

Menciptakan kebiasaan baru membutuhkan waktu dan energi. Perilaku baru tidak akan terbentuk secara otomatis dalam semalam, tetapi Anda dapat menikmati beberapa manfaatnya dengan cukup cepat. Juga, ketika Anda mulai berjalan secara teratur atau melakukan latihan-latihan yang menenangkan stres, Anda akan mendapati diri Anda merasa bersalah jika berhenti. Hal ini merupakan insentif besar untuk melanjutkannya. Jadi, tetaplah mendorong diri Anda ke arah yang ingin Anda tuju. Dan cobalah tujuh tips berikut untuk membantu Anda menciptakan perubahan yang tahan lama.


  1. Dream big. Tujuan yang berani merupakan hal yang sangat menarik. Ingin berkompetisi dalam maraton atau triathlon? Menurunkan 50 pound atau hanya cukup untuk masuk ke dalam pakaian yang Anda sukai? Dengan ketekunan, dorongan, dan dukungan, Anda dapat melakukannya. Tujuan yang ambisius seringkali menginspirasi orang lain di sekitar Anda. Banyak yang akan mendukung Anda. Beberapa akan dengan senang hati membantu dengan cara-cara praktis, seperti dengan berlatih bersama Anda atau mengambil tugas yang biasanya Anda tangani untuk membebaskan waktu Anda.
  2. Break big dreams into small-enough steps. Sekarang berpikirlah lebih sempit. Langkah-langkah kecil yang membuat Anda maju ke tujuan akhir Anda. Cari taruhan pasti. Hanya dengan mencapai langkah pertama dapat membangun kepercayaan diri Anda untuk menangani - dan berhasil di - tugas yang lebih sulit. Jangan meremehkan pilihan yang mudah. Jika Anda memulai setiap rencana dengan "Buat daftar," Anda dijamin untuk mencentang satu kotak dengan cepat. Hal ini bukanlah lelucon: sebuah studi tentang program loyalitas yang bertujuan untuk memotivasi konsumen menemukan bahwa memberikan dua cap pada kartu frequent-buyer konsumen mendorong bisnis yang berulang. Jadi pilah pekerjaan berat menjadi daftar yang lebih kecil, dan nikmati prosesnya melalui tugas mudah terlebih dahulu.
  3. Understand why you shouldn't make a change. Betul. Sampai Anda memahami mengapa Anda berpegang teguh pada kebiasaan dan rutinitas lama, mungkin sulit untuk mengumpulkan energi yang cukup dan kemauan untuk mengambil jalan ke kiri menuju perubahan. Perilaku tidak sehat seperti makan berlebihan dan merokok memiliki hasil langsung yang menyenangkan serta biaya. Jadi, ketika Anda mempertimbangkan perubahan, luangkan waktu untuk memikirkannya. Anda meningkatkan peluang kesuksesan Anda ketika keseimbangan plus dan minus mencukupi kiat untuk membuat mengadopsi perilaku baru yang lebih menarik daripada hanya berdiri di tempat. Terlibat dalam aspek menyenangkan dari perilaku yang tidak sehat, tanpa perilaku itu sendiri, juga membantu. Misalnya, jika Anda menikmati istirahat sambil merokok, istirahat dan nikmati, tetapi temukan cara yang lebih sehat untuk melakukannya. Jika tidak, Anda bekerja melawan angin dan kecil kemungkinannya untuk mengalami kesuksesan yang langgeng.
  4. Commit yourself. Buatlah diri Anda bertanggung jawab melalui janji tertulis atau lisan kepada orang-orang yang tidak ingin Anda sangkal. Itu akan mendorong Anda untuk bekerja keras melewati titik-titik sulit. Satu jiwa pemberani menciptakan halaman Facebook yang ditujukan untuk tujuannya menurunkan berat badan. Anda dapat membuat janji yang lebih pribadi kepada pasangan atau anak Anda, seorang guru, dokter, bos, atau teman. Ingin lebih banyak dukungan? Posting janji Anda di Facebook, tweet ke pengikut Anda, atau cari orang-orang dengan tujuan yang berpikiran online.
  5. Give yourself a medal. Jangan menunggu untuk menyebut diri Anda seorang pemenang sampai Anda berhasil melewati mil terakhir dari maraton impian besar Anda atau kehilangan setiap ons yang tidak diinginkan. Perubahan kesehatan seringkali bersifat tambahan. Dorong diri Anda untuk terus melakukannya dengan berhenti sejenak untuk mengakui kesuksesan saat Anda menandai langkah-langkah kecil dan besar dalam perjalanan ke suatu tujuan. Ledakan nada favorit Anda setiap kali Anda mencapai 5.000 langkah. Dapatkan tepukan di punggung dari pelatih atau pasangan Anda. Minta keluarga dan teman-teman untuk mendukung Anda. Cari grup dukungan online.
  6. Learn from the past. Setiap kali Anda gagal melakukan perubahan, anggap itu sebagai langkah menuju tujuan Anda. Mengapa? Karena setiap upaya yang tulus dapat menjadi pelajaran yang kita petik. Ketika Anda menemukan masalah, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang berhasil dan tidak berhasil. Mungkin Anda menerima tantangan terlalu besar? Jika demikian, skala kembali ke tantangan yang kurang ambisius, atau pecahkan tantangan besar menjadi langkah-langkah kecil. Jika berolahraga selama 30 menit berturut-turut tampaknya tidak pernah berhasil pada hari-hari yang sibuk, hancurkan dengan bertujuan untuk berjalan kaki 10 menit - satu sebelum bekerja, satu saat makan siang, satu setelah bekerja - atau berjalan kaki 20 menit saat makan siang ditambah satu kombinasi 10 menit marching, memanjat tangga, dan lompat tali atau kegiatan serupa untuk masuk menggantikan jadwal menonton TV Anda.
  7. Give thanks for what you do. Lupakan kesempurnaan. Tetapkan tujuan Anda untuk menyelesaikan maraton itu, bukan menjalankannya. Jika Anda bersaing untuk menyelesaikan, Anda akan menjadi pemenang bahkan jika Anda akhirnya berjalan sebanyak Anda berlari. Dengan berolahraga - dan begitu banyak gol lain yang kami tetapkan - Anda akan mendapat manfaat bahkan ketika melakukan kurang dari yang ingin Anda lakukan. Aktivitas apa pun selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika tujuan Anda untuk hari Selasa adalah 30 menit latihan di gym, tetapi Anda hanya perlu waktu 10 menit, bersyukurlah untuk itu. Itu cukup. Mungkin besok akan lebih baik.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 04 January 2020. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



No comments:

Post a Comment