Saturday 28 December 2019

5 Manfaat yang Mengejutkan dari Berjalan


Di lain waktu kali Anda melakukan pemeriksaan, jangan kaget jika dokter memberikan Anda resep untuk berjalan. Ya, kegiatan sederhana yang telah Anda lakukan sejak Anda berusia sekitar satu tahun ini sekarang disebut-sebut sebagai "hal terdekat dengan obat ajaib yang kita miliki," seperti yang dikemukan oleh Dr. Thomas Frieden, mantan direktur Centers for Disease Control and Prevention.
Tentu saja, Anda mungkin mengetahui bahwa aktivitas fisik apa pun, termasuk berjalan, adalah anugerah bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tapi berjalan khususnya, memiliki sejumlah manfaat. Berikut lima manfaat berjalan yang mungkin mengejutkan Anda:


  1. Berjalan akan menetralkan efek gen penambah berat badan. Peneliti Harvard mengamati 32 gen yang mempromosikan obesitas pada lebih dari 12.000 orang untuk menentukan seberapa banyak gen-gen ini berkontribusi terhadap berat badan. Mereka kemudian menemukan bahwa, di antara peserta penelitian yang berjalan dengan cepat selama sekitar satu jam sehari, menyebabkan efek dari gen-gen tersebut itu terpotong menjadi dua. 
  2. Berjalan membantu menjinakkan gigi yang manis. Sepasang studi dari University of Exeter menemukan bahwa berjalan kaki 15 menit dapat mengekang keinginan kita mengkonsumsi cokelat dan bahkan mengurangi jumlah cokelat yang Anda makan dalam situasi stres. Dan penelitian terbaru menegaskan bahwa berjalan dapat mengurangi keinginan dan asupan berbagai makanan ringan bergula.
  3. Berjalan mengurangi risiko kanker payudara. Para peneliti sudah mengetahui bahwa segala jenis aktivitas fisik mengurangi risiko kanker payudara. Tetapi sebuah penelitian American Cancer Society yang menekankan pada berjalan menemukan bahwa wanita yang berjalan tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 14% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang berjalan tiga jam atau kurang per minggu. Dan berjalan memberikan perlindungan ini bahkan untuk wanita dengan faktor risiko kanker payudara, seperti kelebihan berat badan atau menggunakan hormon tambahan.
  4. Meredakan nyeri sendi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berjalan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan radang sendi, dan bahwa berjalan lima hingga enam mil seminggu bahkan dapat mencegah radang sendi terbentuk. Berjalan melindungi sendi - terutama lutut dan pinggul, yang paling rentan terhadap osteoartritis - dengan melumasi mereka dan memperkuat otot-otot yang mendukungnya.
  5. Berjalan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Berjalan dapat membantu melindungi Anda selama musim dingin dan flu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan setidaknya 20 menit sehari, setidaknya 5 hari seminggu, memiliki 43% lebih sedikit hari sakit daripada mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang. Dan jika mereka jatuh sakit, itu untuk jangka waktu yang lebih pendek, dan gejalanya lebih ringan.

Sumber: Healthbeat Newsletter, 6 July 2019. Harvard Medical School. Trusted advice for healthier life.



1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete